Dihadiri Dua Kepala Daerah, Ribuan Warga Kamang Baru Panen Ikan di Kolam Datuak Abu

158

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Ribuan warga Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung, Propinsi Sumatera Barat berebut panen ikan secara massal di Wahana Telabanh Sakti, Minggu (19/8-2018).

Panen raya ikan di kediaman Walinagari Kunangan Parit Rantang (Kunpar), Sahbuddin Datuk Sinaro (DT Abu-red) itu dihadiri dua orang kepala daerah. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin dan dihadiri Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuangku Kerajaan.

Kegiatan panen raya di kolam milik Datuk Abu itu merupakan rangkaian kegiatan perayaan hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-73 tingkat Kabupaten Sujunjung.

Panen massal ikan tersebut yang dimulai pada pukul 10.30 WIB itu, selain dihadiri
Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin dan Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuangku Kerajaan, juga tampak sejumlah pejabat penting di dua kabupaten itu.

Sebut saja, Dandim 0310/SSD Letkol Irvan Yusri, SP, Personil Polres, Perwira Kodim 0310 /SSD, Kepala OPD, Kadis Pangan dan Perikanan, Kadis DPMSP, Kakan Kesbangpol, Camat se Kabupaten Sijunjung, Walinagari se Kecamatan Kamang Baru, ibu-ibu Persit dan sejumlah tokoh masyarakat dan niniak mamak wilayah Kecamatan Kamang Baru juga hadir menikmati panen masal ikan itu.

“Panen massal ini dilaksanakan masih dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 73 yang di ikuti oleh masyarakat Kecamatan Kamang Baru. Pesertanya lebih kurang berjumlah 2000 orang. Panen ikan tersebut membuka sejumlah kolam ikan milik Datuk Abu untuk dipanen. Penangkapan ikan dilaksanakan dengan berbagai cara, yang penting tidak mencelakai peserta. Peserta mulai dari anak-anak sampai orangtua,” kata Yunani Kepala Kesbangpol Sijunjung kepada awak media, Minggu (19/8/2018) siang.

Usai menyaksikan panen ikan tersebut, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin dan Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuangku Kerajaan menikmati makan siang bersama di aula restoran Wahana Telabang Sakti sambil menyaksikan warga menangkap ikan.

“Sampai saat ini kegiatan panen massal ikan itu masih berlangsung,” tambah intelejen Pemkab Sijunjung itu dalam WhatsAppnya pada awak media Minggu sore (19/8/2018). Saptarius