Dilepas Bupati, 108 CJH Pessel Berangkat ke Baitullah

67

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Pemerintah Kabupaten bersama Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan resmi melepas 108 Jamaah Calon Haji (JCH) asal daerah Pesisir Selatan, Kamis (02/08/2018)

Bupati Hendrajoni diwakili Asisten I Gunawan berharap agar seluruh jamaah untuk sama-sama meluruskan niat menuju Baitullah.

“Sebab, para jamaah merupakan tamu Allah SWT. Kami dari pemerintah daerah siap memberikan segala bentuk keperluan jamaah,” kata bupati dalam sambutannya di Painan.

Pada pelepasan jamaah juga hadir Kasi Haji Kemenag Pesisir Selatan, Jarmil, Plt. Kepala Kemenag, Firdaus dan Kepala Dinas Kesehatan, Satria Wibawa, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Suhendri, Pimpinan Cabang Bank Nagari Painan, Hardi Putra dan keluarga jamaah.

Pelepasan dilakukan di Masjid Akbar Baiturrahman Painan. Sebelum berangkat, jamaah menyempatkan Sholat Subuh berjamaah

Jamaah dibantu dua orang petugas haji dari Kemenag Pesisir Selatan. Untuk tenaga kesehatan, didampingi dr. Rahayu Rejeki dari RSUD Pasaman Barat dan dr. Hendra Mawardi RSUP M. Djamil Padang.

Sesuai rencana, jamaah meninggalkan Painan menuju Asrama Haji Parupuk Tabing, Padang. Sampai di asrama diperkirakan sekitar pukul 08.08 WIB.

Di asrama, jamaah akan melakukan pemeriksaan dokumen. Sedangkan keberangkatan menuju Mekah, Jumat 3 Agustus 2018 pada pukul 00.45 WIB.

Tahun ini, lanjut Gunawan, pemerintah juga memberikan banyak kelebihan pada JCH asal Indonesia. Salah satunya adalah mes yang dekat dengan Masjidil Haram.

Dari jamaah Pesisir Selatan yang berhaji tahun ini, JCH termuda adalah Syafril Jalal, 34 tahun. Sedangkan yang tertua adalah, Rusli Nur, 84 tahun.

“Ini tentu sebuab berkah Allah SWT yang harus kita syukuri bersama. Ada peningkatan secara kualitas dari tahun ke tahun,” ucapnya.

Sementara, Ketua Badan Koordinasi Majelis Taklim (BKMT) Pesisir Selatan, Lisda Hendrajoni berpesan, agar jamaah selalu menjaga kesehatan. Saling membantu dalam satu rombongan. “Jangan sampai ada dari jamaah asal Pesisir Selatan yang terpisah dari rombongan,” harapnya.

“Semoga Bapak dan Ibu semua menjadi haji yang mabrur dan mabrurah. Selamat kembali sampai tujuan tanpa ada kekurangan satu apa pun,” tutupnya. (Rega Desfinal)