Duta Budaya Sijunjung, 30 Peserta Adu Hebat Jadi Rang Mudo dan Puti Bungsu

98

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sebanyak 30 peserta dari berbagai daerah di delapan kecamatan Kabupaten Sijunjung, Propinsi Sumatera Barat, Minggu (5/8/2018), mengikuti seleksi pemilihan Rang Mudo dan Puti Bungsu.

Seleksi pemilihan Rang Mudo dan Puti Bungsu itu dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sijunjung, Ramler, SH, MH di Aula Dinas Dikbud setempat.

“Pemiliha Rang Mudo dan Puti Sijunjung tahun 2018 ini untuk memilih duta Sijunjung ke tingkat propinsi,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sijunjung, Ramler, SH, MM kepada awak media, melalui WhatsAppnya.

Disebutkan Ramler, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengajak dan mengajarkan generasi muda Kabupaten Sijunjung untuk lebih mengetahui dan memahami adat istiadat dan budaya, sehingga generasi muda bisa mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan nilai nilai agama dan budaya Minang.

“Kita berharap dengan adanya kegiatan ini bisa berdampak positif dengan perkembangan dan pelestarian adat budaya kita dan bermanfaat bagi generasi muda Kabupaten Sijunjung,” ucap Kadis Dikbud Sijunjung itu.

Ditambahkan Ramler, seleksi peserta Rang Mudo dan Puti Bungsu itu terdiri dari peserta umum dan siswa SLTA dengan umur 15-25 tahun. Saptarius