Gunakan IT Untuk Belajar, Dinas Dikbud Sijunjung Gelar Pelatihan Smart Class

857

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Aparatur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung adakan Pelatihan Smart Class di Ruang Pertemuan Wisma Keluarga Muaro Sijunjung, Selasa hingga Jum’at ( 7 – 10/ 8/2018). Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari Pusat Teknologi dan Komunikasi (Pustekom) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI).

“Pelatihan smart class ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada guru tentang penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran di kelas,” kata Kasi Kurikulum dan Ketenagaan, Bidang SD, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. Syukur, MM selaku ketua pelaksana pada saat menyampaikan laporannya, Selasa (7/8).

Dikatakan Syukur, pelatihan yang diikuti oleh 70 orang peserta terdiri dari 35 orang guru SD dan 35 orang guru SMP ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam penerapan konsep pembelajaran abad 21 di dalam kelas serta penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran dan controling pembelajaran.

“Materi kegiatan ini adalah Konsep mart class untuk pembelajaran abad 21 sesuai dengan kurikulum 2013, model pembelajaran yang mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran dan portal rumah belajar pada kelas maya untuk pembelajaran serta pengelolaan pembelajaran smart class dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar tersedia, media pembelajaran dalam smart class(media presentasi interaktif) dan media pembelajaran dalam smart class (media video),” katanya.

Metode yang digunakan dalam pelatihan ini kata Syukur adalah menggunakan metode kombinasi dari berbagai metoda kegiatan andragogi yang disesuaikan dengan karakteristik topik dan tujuan yang akan dicapai, meliputi Ceramah, Diskusi, Simulasi dan Praktek, tambahnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung, Ramler, SH.MM pada saat sambutannya menyapaikan terima kasih kepada Pustekom Kemdikbud RI, Drs Kusnandar, M.Pd beserta rombongan atas kerjasamanya dalam pelatihan Samrt Class ini serta mengucapkan selamat datang di ranah lansek manih negeri ku tercinta ini.

“Seperti kita ketahui, pembelajaran smart class adalah pelajaran yang menempatkan komputer, teknologi informasi dan komunikasi sebagai bagian inti dari pembelajaran didalam kelas, sehingga membuat kelas tersebut menjadi pintar dan hebat.Pintar siswanya (kompetensi abad 21 siswa berkembang) dan pintar metode/cara pembelajarannya,” sambung Ramler.

Dengan adanya pelatihan ini, kata Ramler ” semoga dapat meningkatkan kompetensi guru tentang penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran, penilaian dan pemantauan pembelajaran peserta didik dan terimplementasinya proses pembelajaran berbasis TIK didalam kelas serta sacara bertahap terwujud kelas pintar (smart class) pada satuan pendidikan di Kabupaten Sijunjung,” harapnya.

” )Untuk itu diharapkan keseriusan serta partisipasi dan kontribusi maksimal dari semua pihak yang terlibat demi kemajuan pendidikan Naaional, terutama di Kabupaten Sijinjung ini,” tambahnya lagi. andi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here