HUT RI ke-73, Pemuda Tanjung Lolo Gelar Kejuaraan Bolakaki Antar Jorong

89

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tahun 2018, Pemuda dan Pemudi Tanjung Lolo, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat menyelenggarakan kejuaraan bolakaki Antar Jorong.

Kejuaraan yang memperebutkan piala bergilir Prima Putra Tanjung Lolo dengan hadiah jutaan rupiah itu berlangsung sejak Rabu (15/8/2018) hingga 29 Agustus 2018 mendatang.

Turnamen tersebut di buka langsung oleh Sekretaris Nagari Tanjung Lolo, Andasri Chan beserta perangkat Nagari lainnya yang juga di dampingi oleh Ketua Pemuda Tanjung Lolo, Suldi, dilapangan Bola Kaki Nagari Tanjung Lolo, Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung, pada Rabu (15/8/2018).

Panitia pelaksana Riyan Saldi Fera mengatakan, kejuaraan bolakaki antar jorong tersebut diikuti 10 klub dari enam Jorong yang ada di Kenagarian Tanjung Lolo.

Dikatakan, peserta pemain hanya boleh pribumi Tanjung lolo saja, dan harus bermain di jorong masing-masing. “Tujuan kegiatan ini selain dalam rangka memperingati HUT RI ke-73, juga sebagai sarana untuk mencari bibit unggul dan pemain sepak bola terbaik, mengingat bahwa Tanjung Lolo sebenarnya merupakan gudang atlet yang potensial untuk bisa berkiprah di kancah sepak bola,”jelasnya.

Turnamen sepak bola ini mendapat respon yang sangat baik dari para pencinta sepak bola di Nagari Tanjung Lolo dan sekitarnya. “Antusias dan animo masyarakat yang demikian besar menggambarkan bahwa olah raga sepak bola telah memasyarakat dan diminati oleh kalangan generasi muda,” terangnya.

“Olahraga sepak bola ini tidak hanya sekedar sebagai media penyaluran hobi dan bakat generasi muda, akan tetapi lebih dari itu, olah raga sepakbola harus bisa menjadi sarana pembinaan generasi muda agar memiliki sikap mental yang baik, kreatif dan sportif serta berprestasi di masa yang akan datang,”tambah Riyan.

“Saya berharap pelaksanaan turnamen ini hendaknya digunakan sebagai penyebar semangat persatuan dan kesatuan pemuda dan pemudi dengan selalu menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas,” kata Andasri Chan Segnag Tanjung Lolo

Sementara itu sambutan dari Ketua Pemuda Suldi mengajak supaya pesepakbola bermain cantik dan menjunjung tinggi sportifitas. “Mudah-mudahan acara ini berjalan dengan lancar dan menjadi agenda tahunan kita, selain cabang sepakbola juga cabang bolavoli, panjat pinang, pacu karung dan tarik tambang antar Pemuda dan Pemudi Tanjung Lolo bisa terlaksana dengan baik,”harapnya.

“Kebersamaan dan kekompakan dengan mengedepankan rasa saling menghargai dan menghormati baik sesama peserta maupun dengan wasit dan penyelenggara pertandingan sangat diutamakan,”tambahnta. Riyan Chaniago/Andri Kampai