Imunisasi MR di Puskesmas Gunuang Omeh Limapuluh Kota Berjalan Lancar

114

JURNAL SUMBAR | Kototinggi – Pelaksanaan imunisasi Measles Rubella (MR) di wilayah Puskesmas Kototinggi Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Limapuluh Kota berlangsung dengan aman dan lancar

Pimpinan Puskesmas Kototinggi dr. Febriandi menyebutkan, sampai saat ini untuk anak sekolah yang ada di wilayah kerja puskesmas yang dipimpinnya telah berhasil memberikan vaksin imunisasi MR itu kepada 1.009 orang anak dari target 3000-an anak sekolah.

Sedangkan untuk posyandu belum lagi dilaksanakan karena jadwalnya untuk posyandu itu tetapkan pada bulan September 2018 mendatang, ujarnya.

Menurut Febriandi, sasaran dari vaksin imunisasi MR ini adalah anak usia 9 bulan sampai usia 15 tahun. Sesuai dengan jadwal yang telah kami susun sejak dicanang awal Agustus 2018, petugas tetap turun mengunjungi sekolah sekolah, pelaksanaannya tidak dipaksakan siapa yang bersedia saja.

Masarakat yang punya kesadaran yang tinggi akan pentingnya imunisasi MR ini untuk melindungi anak dan keluarganya dari ancaman penyakit Campak dan Rubella, karena penyakit Campak dan Rubella itu merupakan penyakit yang sangat nenular dan bisa menyebabkan cacat dan kematian.

Untuk menghindari itulah pemerintah melalui Kementrian kesehatan meluncurkan program pemberian imunisasi MR kepada anak usia 9 bulan sampai 15 tahun ,agar mereka yang mendapat imunisasi MR itu mempunyai kekebalan tubuh dari serangan virus penyakit campak dan Rubella tersebut, ungkap Febriandi.

Lebih lanjut Febriandi menerangkan, sejauh ini belum ada keluhan dari anak anak yang sudah diberikan imunisasi MR tersebut, namun karena adanya ribut ribut tentang label halal yang belum ada pada vaksin MR itu,membuat masarakat bertanya tanya.

Sepanjang mereka bertanya kepada yang tepat seperti kepada petugas Puskesmas, keraguan masarakat itu akan terjawab, jelasnya. YUS.