Intip Latihan Paskibraka di Lubukrarok, Ternyata Anggotanya Banyak Wanita

98

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Hampir dua pekan anggota pasukan pengibar bendera (Paskibraka) Kecamatan Lubuktarok, Kabupaten Sijunjung, Propinsi Sumatera Barat itu berlatih. Para pengibar bendera itu dilatih dan digambleng oleh personil Polsek Lubuktarok dan anggota Koramil Sijunjung, Kodim 0310/SS.

Bak latihan militer dan polisi para siswa SMU 12 Lubuktarok dan SMP Lubuktarok itu didik. Mereka semua masih duduk dibangku kelas satu. Sejak pagi, dilapangan bolakaki Jorong Jambu Lipo para Paskibraka dan grup paduan suara dan marching band itu berlatih.

“Paskibraka harus berhasil dan sukses dalam pengibaran bendera merah putih pada Jumat 17 Agustus 2018 lusa. Jika ingin jalan-jalan, ayo giat berlatih,” kata Bripka Ahmad Sopan selaku pelatih Paskibraka Kecamatan Lubukrarok itu kepada anggota Paskibraka Lubuktarok yang mayoritas perempuan itu.

Selasa (14/8/2018) siang, Camat Lubuktarok, Drs.Dodi Katim, Sekcam Lubuktarok, Sidi Yanto, Redaktur Jurnal Sumbar.Com, Saptarius dan Serka Nanang, anggota Koramil Sijunjung berkunjung dan mengintip latihan anggota Paskibraka yang dimpin Bripka Ahmad Sopan, Iswahyudi, Randi dan Aipda Zakri dari Polsek Lubuktarok itu.

Dari pantauan awak media, ada yang menarik dari anggota Paskibraka tahun 2018 di Kecamatan Lubuktarok itu. Ada Apa? Rupanya, anggota Paskibraka Lubuktarok itu mayoritas anggotanya adalah wanita.

“Ya, anggota Paskibraka kita mayoritas memang wanita dan laki-laki tak ada yang mau dan banyak alasan. Tapi wanita justeru lebih disiplin,” ucap Bripka Ahmad Sopan yang sudah 10 tahun menjadi pelatih Paskibraka itu.

Begitu juga dengan peserta marching band juga lebih banyak peserta wanita. Untuk kegiatan yang satu ini mereka dilatih Bripka Iswahyudi dan Randi untuk di lapangan.

Camat Lubuktarok Dodi Katim terlihat bangga melihat para anggota Paskibraka Sijunjung itu berlatih dengan serius dan semangat. Tak heran camat pun berjanji akan memberi hadiah jalan-jalan pada anggota Paskibraka binaan Bripka Ahmad Sopan dan anggota Polsek Lubuktarok lainnya itu.

Disaat gladi kotor pada Selasa (14/8/2018), Camat Lubuktarok Dodi Katim bertindak menjadi inspektur upacara (Irup). Dengan tegap dan tangkas anggota Paskibra Kecamatan Lubuktarok itu menunjukan kecakepan dan ketangkasan mereka dihadapan camat termasuk menyuarakan yel..yell.perjuangan. Saptarius