Jelang Idul Adha, Pusat Kajian Halal UNP Gelar Workshop Juru Sembelih

57

JURNAL SUMBAR | Padang – Pusat Kajian Halal Universitas Negeri Padang menggelar Pelatihan Gratis Penanganan Hewan Kurban dan Juru Sembelih Halal, Senin (20/8) di Ruang Sidang Lt IV Rectorate and Research Center UNP.

Ketua PKH UNP, Yukifli Amir menuturkan, pusat kajian yang dipimpinnya memanfaatkan memomentum menyambut Hari Raya Idul Adha 1439 H, untuk meningkatkan kompetensi pengurus masjid yang berkaitan dengan hewan kurban.

Sesuai dengan aspek Halal dan Thayyibnya hal terkait ibadah dan hewan kurban, PKH UNP menggelar workshop Penanganan Hewan Kurban dan Juru Sembelih Halal.

“Alhamdulillah 35 peserta yang merupakan utusan masjid dan mushala dilingkungan UNP mengikuti workshop ini,” ujar Yulkifli Amir didampingi staf PKH UNP, Al Ikhlas LC, MA yang juga sebagai nara sumber dalam worshop ini.

Setelah dihadiri 35 peserta itu, pada Senin (20/8) pagi itu dan nara sumber dari dinas Pertanian Kota Padang, Drh Sovia Hariani juga telah hadir, workshop dibuka oleh Wakil Rektor II UNP, Syahril, PhD.

“Dengan diselenggarakan worksop ini diharapkan penyembelihan sapi kurban dapat memenuhi aspek kaidah Halal secara syariat,” kata Yulkifli Amir, Selasa (21/8).

Peserta workshop oleh pemateri Al-Ikhlas Lc, MA mendapata pengetahuan secara detail kaidah halal secara syariat islam, sementara pemateri kedua
membahas aspek thoyyibnya hewan kurban, oleh Dokter hewan dari Dinas Pertanian Kota Padang, drh. Sovia Hariani.

Pembahasan dimulai dari cara memilih hewan kurban sesuai kriteria, praktek cara merebahkan dengan teknik khusus yang dikembangkan oleh Seksi Kesmavet Dinas Pertanian Kota Padang, cara menyembelih, sarana prasarana penyembelihan yang memenuhi aspek higienis daging dan kesehatan lingkungan, serta juga teknik pendeteksian dan perlakuan daging sehat. (Humas UNP/Agusmardi)