Jelang Munas, Peserta FBI akan Dibawa ke Surga Tersembunyi di Pesisir Selatan

66

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Jadwal sudah diambang pintu. Tak ada pilihan, persiapan harus terus dikebut. Kesibukan panitia Munas Forum Bumdes Indonesia, di Padang dan Painan, 26-29 Agustus 2018, sangat terasa.

Terbaru, Wakil Ketua Pelaksana Afriva Khaidir, M.APA., Ph.D beserta anggota Yurnalis dan Fadlur Rahman Ahsas dari Forum BUMDes Indonesia (FBI) Provinsi Sumatera Barat meninjau kesiapan di Pesisir Selatan, khususnya Kawasan Wisata Bahari Terpadu Mandeh, di Nagqari Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan.

Di kawasan tersebut, selain ada wisata bahari, juga ada Bumnag Mande Tarusan Jaya. Bumnag tersebut tepatnya berada di Komplek Perikanan, Pantai Carocok Tarusan, Jalan Raya Padang – Painan KM. 63.

“Kami mempersiapkan acara kesenian, sekaligus launching program-progam Forum Bumdes Indonesia, BUMDes Award, Pagelaran Budaya untuk menyambut kedatangan Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo beserta rombongan dari seluruh provinsi se Indonesia,” ujar Ketua Forum Bumnag Pesisir Selatan Didi Someldi Putra.

Katanya, rencana kehadiran Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo beserta sedikitnya 500 orang pejabat pemerintahan pusat, daerah dan pengelola Bumdes se-Indonesia, memberikan motivasi lebih kepada mereka sebagai tuan rumah. Bupati Pesisir Selatan juga bersemangat dan turut memberikan perhatian terkait kesiapan tuan rumah.

Dijadwalkan, rombongan tersebut akan hadir di Tarusan, seharian, pada hari ketiga, Selasa (28/8) pagi. Selain melihat dari dekat keberadaan Bumnag Mande Tarusan Jaya, juga akan menikmati obyek wisata Mandeh, yang belakangan menjadi obyek paling favorit di Sumbar.

Kawasan Wisata Bahari Terpadu Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, meraih peringkat pertama pada kategori Surga Tersembunyi Terpopuler di Anugerah Pesona Indonesia (API) II. Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni menerima penghargaannya di Jakarta November 2017 lalu.

Ke arah utara kawasan tersebut, pengunjung bisa menikmati gugusan pulau yang terlihat melingkar seperti Pulau Pagang, Pulau Marak yang berdampingan dengan Sikuai, serta Pulau Bintangor. Berpaling ke arah berlawanan, pengunjung disajikan dengan keindahan tanjung dengan riak air yang ringan ibarat sebuah danau.

Terhadap kesiapan tersebut, Ketua Forum Bumdes Indonesia H Febby Datuk Bangso, memberikan apresiasi luar biasa kepada panitia. Menurutnya, kesungguhan dan kesigapan panitia sangat luar biasa.
“Ini kerja keras dan kerja cerdas untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari desa,” katanya. (rilis/dyko)