LP3M UNP Selenggarakan Pelatihan Auditor Internal Untuk Perguruan Tinggi Asuhan

75

JURNAL SUMBAR | Padang – Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjamin Mutu (LP3M) Universitas Negeri Padang melalui Pusat Penjamin Mutu menyelenggarakan Pelatihan Calon Auditor Internal SPMI buat Perguruan Tinggi Asuhan. Kegiatan berlangsung, Kamis hingga Ahad (23-26/8) di Aula PGSD UNP Bukittingi.

Kegiatan tersebut diikuti 30 peserta dari 2 Perguruan Tinggi Asuhan yaitu: Universitas Muhammadiyah Riau, Univetsitas Putra Batam, Universitas Damasraya dan Akademik Kebidanan Pasaman Barat

Dalam laporannya, Ketua LP3M UNP, Dr Edwin Musdi, Kamis (23/8) di Ruang Sidang Senat Lt4 Gedung Rectorate and Research Center, mengatakan diakhir kegiatan nantinya dilanjutkan praktik, Materi praktek ini, diharap mampu memberikan pengetahuan lebih budaya mutu perguruan tinggi.

Pada pembukaan acara, yang langsung dihadiri oleh Rektor UNP, Prof Ganefri mengatakan bahwa program asuh merupakan program Kemenristekdikti untuk menumbuhkan budaya serta meningkatkan mutu prodi melalui penguatan sistem penjaminan mutu internal pada PT Asuh, yang dilaksanakan dengan program pengasuhan oleh UNP sebagai perguruan tinggi yang berakreditas unggul.

“UNP sebagai Perguruan tinggi yang sudah unggul akreditasinya diharuskan dapat memberikan bimbingan, sehingga pada PT yang masih berakreditasi C itu bisa terdorong akhirnya mampu melakukan praktek yang baik di perguruan tingginya masing-masing untuk meningkatkan akreditasinya,” ujarnya.

Sementara, Kepala Pusat Penjamanan Mutu LP3M UNP, Dr Giatman mengungkapkan masing-masing peserta setelah mengikuti pelatihan diharapkan mendapat pemahaman dan ketrampilan merancang Sistem Penjaminan Mutu, Sistem Audit Internal dan mempersiapkan Auditor Internal Mutu di Perguruan Tingginya masing-masing.

Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah tim dari LP3M UNP yang terdiri atas Ketua LP3M UNP, Dr Edwin Musdi, Kepala Pusat Pengembangan Pembelajaran, Dr Zul Amri dan Kepala Pusat Penjaminan Mutu, Dr M Giatman dan Ketua Pelaksana, Prof Yasri.

Sedangkan materi pelatihan ini adalah diskusi informasi, pengalaman dan praktek untuk merancang Sistem Penjaminan Mutu (SPM-PT), Sistem Audit Internal Mutu (SAIM-PT) dan pelatihan Auditor Internal Mutu (AIM-PT) di Perguruan Tinggi yang terintegrasi dengan 7 standar mutu BAN-PT dan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008. Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta pelatihan diharapkan mampu menginisiasi dan mengembangkan SPMPT sesuai kekhasan visi dan misi perguruan tinggi masing-masing, sehingga tercipta budaya mutu.

Lebih jauh M Giatman mengatakan, pelatihan yang didasari peran UNP sebagai agents of change and development mempunyai peran strategis dalam peningkatan daya saing bangsa (nation competitiveness). (Humas UNP/Agusmardi)