Melangun, Cara Suku Anak Dalam Jambi Buang Sial

93

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – 16 Orang Suku Anak Dalam dari Bangko Provinsi Jambi bikin heboh masyarakat Pesisir Selatan, tepatnya di Kenagarian Salido, Kecamatan IV Jurai, pada Kamis (16/8/2018).

Sekelompok Suku anak dalam atau akrab di panggil Orang kubu Jambi tersebut membuat tenda seadanya pada sebidang tanah di salah satu lokasi yang menarik perhatian masyarakat Salido dan pengemudi yang melintas.

Dari pantauan di lapangan, kelompok tersebut sempat mengakibatkan kemacetan karena para pengendara yang penasaran dan berhenti pada badan jalan disekitar lokasi.

“Penasaran saja, karena ingin melihat langsung seperti apa suku anak dalam tersebut. Selama ini hanya mendengar dari cerita orang saja,” ujar Deki salah seorang masyarakat yang berada di lokasi.

Masyarakat yang ramai di lokasi juga memberikan bantuan berupa uang dan makanan kepada anggota kelompok, karena kasihan dengan kondisi mereka yang terlihat lemah dan lelah.

Petugas dari kepolisian juga terlihat mengatur lalu lintas, agar tidak mengakibatkan kemacetan yang lebih parah.

Pada hari sebelumnya, sekelompok suku anak dalam tersebut, juga menginap di Pasar Baru Kecamatan Bayang. Berdasarkan informasi salah seorang anggota kelompok, mereka tengah melakukan perjalan prosesi adat “Melangun” yang dipercaya dapat membuang sial. (Rega Desfinal)