Men’s Obsession Sejajarkan Bupati Sutan Riska dengan 72 Pemimpin Berprestasi

90

JURNAL SUMBAR | Dharmasraya – Sebuah majalah bulanan terbitan ibukota Men’s Obsession, bulan ini merilies 73 figur pemimpin berprestasi. Iven ini dilakukan majalah yang mengkhususkan diri dalam liputan tokoh berprestasi dan sosok yang sukses ini dalam rangka memperingati ulang tahun negeri ke 73.

Sederet nama beken dalam majalah tersebut terpilih sebagai 73 figur berprestasi, di antaranya Ketua Umum MUI Pusat Prof. Dr. KH. Makruf Amin, Wagub DKI Sandiaga Solahudin Uno, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adyaksa Dauld, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Teten Masduki, dan diantara deretan nama beken itu juga terselip Bupati Termuda Indonesia, Sutan Riska, SE.

Tentu saja banyak kalangan berdecak kagum atas pemilihan raja muda dari Koto Besar ini sebagai 73 figur berprestasi versi Majalah Men’s Obsession. Betapa tidak, putra seorang walinagari yang kini belum genap berusia 30 tahun itu tergolong sosok yang sederhana dan tidak ambisius. Debutnya dalam dunia politik juga terbilang baru. Cuma saja, kharismanya sebagai seorang raja telah mengantar dirinya meraih seambreg prestasi saat menjadi Bupati Dharmasraya, sebuah kabupaten di pedalaman Sumatera yang punya penduduk heterogen.

Mengawali kepemimpinannya di kabupaten berjuluk petrodolar itu, Sutan Riska melangkah dengan pengembangan infrastruktur. Dia melanjutkan pembangunan jalan trans Dharmasraya yang akan menghubungkan kawasan bekas unit pemukiman transmigrasi Sitiung IV ke Pulau Punjung via Ampang Kuranji dan Aur Jaya. Kemudian dia juga memperbaiki jalan akses kecamatan ke ibukabupaten, plus peningkatan jalan lingkungan menjadi rigit beton, serta tak ketinggalan rumah rumah tak layak huni direhabititasi. Sektor perekonomian juga mendapat sentuhan mendasar. Sutan Riska mencurahkan bantuan peralatan mesin pertanian, bantuan benih unggul, perbaikan irigasi dan kini dia berupaya untuk melakukan replanting ribuah hektar kebun rayat.

Di sektor kesehatan, Sutan Riska melanjutkan pembangunan RSUD Sungai Dareh yang sudah lama mangkrak. Dia juga membenahi layanan Puskesmas hingga sudah beberapa yang mampu memberikan layanan rawat inap. Demikian juga dunia pendidikan. Sutan Riska mampu mendorong semangat peserta didik untuk mengikuti proses pendidikan secara tekun. Para orang tua juga dimotivasi agar menyekolahkan anak anak mereka sampai ke je jang perguran tinggi. Biaya pendidikan yang menjadi tanggungan kabupaten digratiskan dan masih banyak lagi kebijakan lainnya.

Hasilnya luar biasa, pertumbuhan ekonomi terus meningkat, pemenuhan kebutuhan dasar semakin berkualitas. Itulah sebabnya, Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoli menghadiahi Sutan Riska dengan penghargaan pemimpin yang komit dengan HAM. Sutan Riska juga meraih penghargaan atas jasa jasanya mendorong pengembangan sumberdaya manusia melalui program keluarga berencana, dari Menteri Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Terakhir masih tahun ini, Sutan Riska diganjar satya lencana pembangunan bidang koperasi oleh Presiden Jokowi. Itu belum termasuk sederat prestasi tingkat provinsi dan tingkat kementerian seperti dari Kementerian Kesehatan dan dari Kementerian Lingkungan Hidup.

Oleh sebab itu, pantas kiranya, Sutan Riska yang masih sangat muda itu terpilih menjadi salah satu dari 73 figur berprestasi tahun ini versi majalah Men’s Obsession Jakarta. Sutan Riska layak disejajarkan dengan para pemimpin nasional atas prestasi yang diraihnya. Budi Waluyo