Rektor Ganefri Ajak Maba UNP Giatkan Subuh Mubarakah

38

JURNAL SUMBAR | Padang – Rektor Universitas Negeri Padang, Prof Ganefri mengajak seluruh mahasiswa baru (Maba) tahun 2018 untuk terus memupuk keimanan dengan mengikuti kegiatan Subuh Mubarakah di saat fakultasnya menjadi pelaksana kegiatan Subuh Mubarakah yang telah diprogramkan.

Pernyataan tersebut disampaikan Rektor UNP saat memberikan sambutan sekaligus membuka Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) jalur Mandiri di Auditorium UNP, Senin (6/8).

Rektor menjelaskan, Kegiatan Subuh Mubarakah yang telah diprogram UNP merupakan program dalam rangka pembangunan keagamaan dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada generasi penerus serta menyemarakkan syi’ar Islam di seluruh civitas akademika UNP.

“Seluruh mahasiswa baru UNP yang beragama Islam diwajibkan untuk melaksanakan kegiatan Subuh Mubarakah jika fakultasnya menjadi host. Tentu dengan Subuh Mubarakah akan membiasakan mahasiswa UNP Salat berjamaah di awal waktu,” ujar Ganefri.

Dia menyampaikan, gerakan salat Berjamaah di awal waktu bagi aparat sipil negara (ASN) di lingkup UNP juga telah diterapkan melalui Surat Edaran Rektor.

Dalam kesempatan itu, Ganefri juga memperkenalkan pimpinan civitas mulai dari rektorat hingga fakulyas selingkungan UNP.
Sementara itu Wakil Rektor 3, Prof Ardipal dalam laporannya menyebutkan PKKMB Jalur mandiri merupakan program kemahasiswaan untuk percepatan proses adaptasi dari dunia sekolah ke dunia kampus, yang lebih bernuansa akademis, mandiri tanggung jawab dan bermotivasi tinggi untuk selalu menjadi yang terbaik.

Dikatakannya, PKKMB jalur mandiri diikuti 3. 133 orang Maba jenjang S1 dan D4, yang terdiri dari FIP sebanyak 614 orang, FT (229) FIK (393) FE (338), FMIPA (443), FIS (447), FBS (431) dan FPP sebanyak 238 orang.

Materi PPKMB sesuai sesuai surat edaran Dirjen Bemawa, dikatakanya, mengandung materi bela negara, ketahanan nasional dan Perguruan Tinggi Era Revolusi Industri 4.0, dengan harapan sebanyak 3.133 Maba itu memahami dan mengenal lingkungan barunya, memahami artinya pendidikan dan terciptanya persahabatan dan kekeluargaan antar mahasiswa. (Humas UNP/Agusmardi)