Ribuan Siswa SD dan SMP Sijunjung Hadiri Pencanangan Imunisasi Campak dan Rubella

182

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Hari ini, secara serentak ribuan siswa SD dan SMP di Kabupaten Sijunjung, Propinsi Sumatera Barat, mendatangi tempat pencanangan Imunisasi Campak dan Rubella yang tersebar di delapan kecamatan.

Di Kecamatan Lubuktarok, misalnya, ratusan siswa SMPN 12 Sijunjung beserta majelis guru dan kepala SD se-Kecamatan Lubuktarok, pada Rabu (1/8/2018), beramai-ramai mendatangi acara yang digelar oleh Pemkab Sijunjung melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung.

Acara tersebut yakni kegiatan Pencanangan Kampanye Imunisasi Campak dan Rubella (MR) tingkat Kabupaten Sijunjung yang dilaksananakan secara serentak di delapan kecamatan pada tahun 2018.

Di Kecamatan Lubuktarok dipusatkan di SMPN 12 Sijunjung itu dicanangkan Asisten I Sedtdakab Sijunjung, Irwandi, SIP, MSi didampingi Kepala Kesbangpol, Yunani, SE, MSi dan Kepala Dinas Pariwisata, Yofriras, ST, MT.

Dalam pencanganan Imunisasi Campak dan Rubella itu juga dihadiri Camat Lubuktarok Drs.Dodi Katim, Kapolsek Lubuktarok,Iptu Polisi Syafruddin Arief, SH, diwakili Kanit Reskrim Iptu Zakri beserta personil dan Danrami Sijunjung diwakilo Babinsa serta unsur lainnya juga hadir disana.

Kegiatan yang berlangsung di SMPN 12 Sijunjung, di Jorong Jambu Lipo, Nagari Lubuktarok itu juga dihadiri sejumlah walinagari dan para guru, SDP, SMP, komite sekolah, unsur ninik mamak, unsur Puskesmas Lubuktarok dan petugas Imunisasi Campak dan Rubella juga hadir dalam pencanangan itu.

“Alhamdulullah, kegiatannya berjalan sukses dan lancar. Semua unsur mendukung pelaksanaan imunisasi campak dan Rubella tersebut,” kara Kepala Kesbangpol Linmas Sijunjung, Yunani dan Kapolsek Lubuktarok, Iptu Syafruddin Arief serta Camat Dodi Katim secara terpisah kepada awak media.

Pada pencanangan kampanye imunisasi campak dan MR itu, Asisten 1 Setdakab Sijunjung, Irwandi, menyebutkan, kegiatan tersebut sebagai komitmen untuk mewujudkan eliminasi campak. Serta sebagai bentuk pengendalian rubella dan kecacatan kelahiran akibat MR.

Ia mengatakan, pemberian imunisasi tersebut sasarannya yakni anak usia sembilan bulan hingga kurang lima belas tahun. Oleh karena itu, siswa SD, SMP menjadi target imunisasi. Bahkan dikatakan Irwandi, siswa kelas 1 SLTA pun akan diberikan imunisasi pula.

“Imunisasi MR akan diberikan mulai Agustus di sekolah. Baik PAUD, TK, SD, SLTP dan kelas satu SLTA. Sedangkan pada bulan September akan dilaksanakan di pos pelayanan kesehatan semisal Puskesmas, Posyandu dan Puskesdes,” ucap Irwandi saat memberikan sambutan.

Untuk tingkat Kabupaten Sijunjung sendiri, pencanangan terbagi 8 tim. Tim I dipimpin Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, Sekda Zefnigan, AP,MSi dan Kadis Kesehatan Ezwandra di SMPN 7 Sijunjung di Kecamatan Sujunjung. Sedangkan Tim II dipimpin Wabup Arrival Boy,SH dan staf ahli Nizam Ul Muluk dan Kadis Pendidikan Ramler pencanangan di SMPN 2 Sijunjung di Kecamatan Koto VII.

Tim III, Kadis Sosial Amatullah, Kadis Pangan Perikanan, dan Kadis Perpustakaan di SDN 13 Muaro Bodi, IV Nagari. Tim IV, Kadis PPKB Rina Defira, Kadis Satpol PP, Masharyanto dan Kadis Perpustakaan, Darlias di SMPN 09 Sijunjung di Sumpur Kudus.

Tim V, Kadis Perhubungan, Efigon, Kadis Kominfo, Rizal Effendi, dan Kadis Pertanian Ronaldi di SDN 9 Padang Sibusuk di Kuputan. Tim VI melibatkan Kepala BPBD Hardiwan, Kadis PMN Syukuri dan Kadis Nakertras Riky Mainaldi melakulan pencangan di SDN 15 Tanjung Gadang di Kecamatan Tanjung Gadang. Sedangkan Tim VII dipimpin Inspektorat Daerah, Endi Nazir, Plt BKM SDM, Musprianti dan Kepala BKAD Jaheri di SMPN 11 Sijunjung, Kamang Baru. Saptarius