Salurkan Bantuan DMD, Cara Lisda Hendrajoni Ringankan Beban Masyarakatnya

121

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Yayasan Dundanak Mambantu Dunsanan (DMD) Pesisir Selatan sengaja didirikan untuk membantu masyarakat kurang mampu dan kemalangan. Hj. Lisda Hendrajoni sebagai ketua terus menggalang donasi dan segera menyalurkannya kepada yang membutuhkan.

Buah tangan isteri Bupati Hendrajoni ini sudah banyak membedah rumah tidak layak huni di Pesisir Selatan. Minggu (5/8-2018) kemaren, tiga paket bedah rumah senilai masing-masing Rp15 juta dikucurkan di Nagari Pelangai Gadang, dan satu paket untuk pembangunan kembali rumah terbakar di Nagari Koto VIII Pelangai.

Usai acara peletakan batu pertama pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) PT Dempo di Nagari Pelangai Gadang, Lisda Hendrajoni menyerahkan tiga paket bantuan bedah rumah kepada Walinagari Pelangai Gadang, dan setelah peletakan baru pertama Revitalisasi Pasar Balai Selasa, Lisda Hendrajoni menyerahkan langsung bantuan untuk pembangunan kembali rumah terbakar di Nagari Koto VIII Pelangai.

“Bantuan Rp15 juta dari Dunsanak Mambantu Dunsanak ini adalah modal awal pembangunan kembali pasca kebakaran, dan kita berharap ada tambahan badoncek dari masyarakat,” sebut Lisda Hendrajoni saat menyerahkan bantuan kepada Elmayesi dan suaminya Syafril Efendi korban kebakaran di Paleh Nagari Koto VIII Pelangai.

Bupati Hendrajoni yang ikut mendamping Lisda mengapresiasi semangat gotong royong komponen Nagari Koto VIII Pelangai. “Saya apresiasi inisiatif pak Walinagari menggandeng Babinsa dan Babhinkamtibmas bergotong royong bersama masyarakat membangun kembali rumah ini,” ujarnya.

Walinagari Koto VIII Pelangai, Syafridul menjelaskan, rumah yang terbakar tersebut akan dibangun kembali secara gotong royong. Dana bantuan DMD yang diserahkan Lisda Hendrajoni itu akan digunakan untuk membeli bahan bangunan. “Pembangunannya kita gotong royongkan,” ujarnya.

Turut hadir dalam penyerahan bantuan DMD tersebut Kapolres Pesisisr Selatan, Dandim Pesisir Selatan, Beberapa Kepala OPD Pemkab Pesisir Selatan, Camat Ranah Pesisir, Danramil Ranah Pesisir, jajaran Pemnag Koto VIII Pelangai dan banyak tokoh masyarakat. Rombongan disambut haru oleh keluarga korban.

Sebelumnya, Lisda Hendrajoni bersama perwakilan Dinas Sosial Pessel juga sudah menyerahkan bantuan tanggap darurat berupa peralatan daput, tenda, sembako dan sejumlah uang. Dan, masyarakat Koto VIII juga sudah badoncek membantu korban kebakaran tersebut.

Seperti diketahui, rumah Syafril Efendi dan Elmayesi terbakar hari Selasa tanggal 24 Juli 2018 pukul 22.15 WIB. Rumah semi permanen tersebut ludes dimamah sijago merah. Laporan Walinagari Koto VIII Pelangai, korban mengalami kerugian Rp80 jutaan.

Dempo Grup Bantu 10 Rumah

CEO Dempo Grup, Muhammad Yamin Kahar dan isterinya, Yani support kegiatan sosial Yayasan DMD yang digagas Lisda Hendrajoni tersebut. Secara spontan Sumando Rang Koto VIII Pelangai itu membantu 10 paket bantuan bedah rumah, masing-masing senilai Rp15 juta. “Kita harus dukung aksi sosial seperti ini,” ujar Yamin Kahar.

Yani isteri Yamin Kahar adalah warga asli Kampung Baru Nagari Koto VIII Pelangai, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan. Memanfaatkan potensi sumber air Sungai Batang Pelangai Gadang, Yani dorong suaminya berinvestasi membangun PLTMH di kampung halamannya. Menggandeng investor dari China, Yamin Kahar tanamkan investasi Rp270 miliar. Enye