Sambut Pemilu 2019, Kesbangpol dan Linmas Sijunjung Gelar Sosialisasi dan Raker

189

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Aparatur Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol dan Linmas) Kabupaten Sijunjung adakan Sosialisasi dan Rapat Kerja Kesiapan Penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019, di Aula SKB Muaro Sijunjung, Senin (13/8/2018).

Acara yang diikuti oleh 200 orang peserta yang terdiri dari Unsur Forkopimda, Ketua Pengadilan Agama, Ketua Pengadilan Negeri Muaro, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Instansi Vertikal Camat dan Wali Nagari se Kabupaten Sijunjung ini dibuka oleh Wakil Bupati Sijunjung, H. Arrival Boy.

Wabup Arrival Boy pada kesempatan itu menghimbau dan mengajak kepada seluruh penyelenggara pemilu, stakehokder, aparat keamanan, walinagari dan seluruh elemen masyarakat untuk dapat berpartisipasi secara aktif dan mendukung seluruh tahapan tahapan dalam penyelenggaraan pemilu serentak 2019, khususnya di Kabupaten Sijunjung.

“Kita bertekat, pemilu serentak tahun 2019 di Kabupaten Sijunjung dapat berjalan dengan lancar, aman, tertib dan sukses dalam suasana dan kondisi daerah yang kondusif dan terkendalai,” ucap nya.

“Marilah kita sama sama mewujudkan pemilu serentak tahun 2019 yang DEMOKRATIS, LANSUNG, UMUM, BEBAS, RAHASIA, JUJUR DAN ADIL (LUBER dan JURDIL) dalam situasi dan kondisi yang kondusif di Kabupaten Yang Kita Cintai ini,” sambung Wabup Arrival Boy.

Kapala Kantor Kesbangpol dan Linmas,Drs. Yunani, SE, MSi selaku katua pelaksana melaporkan bahwa acara ini bertujuan agar meningkatnya pemahaman stakehokder terhadap semua tahapan pemilu dalam pemilihan calon anggota legislatif pada pelaksanaan pemilu serentak tahun 2019.

Meningkatnya peran aktif penyelenggara dan stakeholder dalam semua tahapan dan peningkatan partisipasi pemilih pada pelaksanaan pemilu serentak 2019, meningkatnya komunikasi politik dan pendidikan politik antara pemerintah daerah, stakeholder dengan penyelenggara pemilu serta terwujudnya pemilu yang demokratis, LUBER dan JURDIL serta situasi dan kondisi yang kondusif di Kabupaten Sijunjung, kata Yunani.

Materi Ceramah nantinya kata Yunani adalah Paparan pemerintah daerah tentang fasilitasi dan dukungan terhadap penyelenggaraan pemilu serentak 2019 kemudian paparan dari Kapolres Sijunjung tentang pengamanan penyelenggaraan pemilu, paparan Ketua KPU Kabupaten Sijunjung tentang tahapan tahapan penyelenggaraan pemilu serta paparan Ketua Bawaslu Kabupaten Sijunjung tentang Pengawasan penyelenggaraan pemilu serentak 2019.

sementara Narasunber pada acara ini adalah Wakil Bupati Sijunjung, Kapolres Sijunjung, Ketua KPU, Ketua Bawaslu dan terakhir oleh Kepala Kantor Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Sijunjung, tambahnya. Andri Kampai