Semangat Kebangsaan, Ribuan Maba UNP Semarakan Harmoni Indonesia

46

JURNAL SUMBAR | Padang – Acara Harmoni Indonesia 2018 yang berlangsung di Plaza Timur Stadion Utama GBK, Jakarta, Ahad (5/8), untuk memeriahkan peringatan HUT RI dan Asian Games menjadi hari istimewa bagi mahasiswa baru (Maba) Universitas Negeri Padang. Betapa tidak ribuan Maba UNP tahun 2018 itu berkumpul dan ikut menyanyi bersama lagu-lagu kebangsaan di Auditoirum UNP.

“UNP melibatkan Maba pada Acara Harmoni Indonesia, karena acara ini diselenggarakan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti). Agar acara bermanfaat bagi membangun semangat nasionalisme bagi mahasiswa UNP yang melibatkan seluruh Maba,” kata Wakil Rektor 3 UNP, Prof Ardipal dalam sambutanya.

Ardipal mengatakan, keterlibatan seribuan Maba UNP dalam mendukung Harmoni Indonesia yang dihadiri Presiden Jokowidodo di Plaza Timur GBK, Jakarta, Ahad (5/8) juga menanamkan nilai-nilai semangat kebangsaan serta kebanggaan mahasiswa akan Indonesia. Lagu-lagu kebangsaan yang dinyanyikan bersama di Auditoirum UNP oleh Maba sudah bagaikan kebiasaan, apalagi bagi mahasiswa yang mengambil program Kependidikan.

Acara menyemarakan Harmoni Indonesa 2018, yang diselenggarakan di Auditorium UNP untuk menyahuti himbauan Kemenristekdikti dilaksanakan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UNP. Acara dihadiri ribuan Maba untuk paduan suara massal tersebut dipimpin oleh Indra Yeni.

Seperti diketahui, harmoni Indonesia 2018 merupakan upaya bangsa Indonesia untuk menumbuhkan rasa cinta bangsa Indonesia kepada Tanah Air. Acara ini juga menjadi usaha menumbuhkan kembali jiwa patriotik kaum muda Indonesia melalui kebersamaan harmoni dan dinamika lagu-lagu nasional, ujar Prof. Ardipal dalam sambutannya.

“Melalui menyanyi lagu kebangsaan Indonesia Raya, Bagimu Negeri, Satu Nusa Satu Bangsa, Rayuan Pulau Kelapa dan Hari Kemerdekaan diharapkan akan muncul kembali rasa kebangsaan dan memantapkan persatuan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Selain Prof Ardipal, para Dekan selingkungan UNP juga ikut hadir, diantaranya Dekan FE UNP, Dr, Idris. Selain itu, juga ada Kabag BPHKM, Ahmad Hamdani, Kabag BUK, Afdalisma, Ketua dan Sekretaris LP2M, Prof Rusdinal dan Khairudin serta Staf Ahli WR3, Yulifri. (Humas UNP/Agusmardi)