Sumbar Masuk Nominasi Penerima Nirwasita Tantra Award

59

JURNAL SUMBAR | Jakarta – Gubenur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengikuti presentasi dalam rangka penilaian nominasi Nirwasita Tantra Award yang dilakukan oleh Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup Republik Indonesia tahun 2018, di ruang Rimba II gedung Manggala Winabakti Jakarta, Senin (27/8/2018)

Gubernur Irwan Prayitno disela-sela kegiatan itu mengatakan, pelaksanaan presentasi ini bagian dari penilaian terhadap Nirwasita Tantra Award dimana Sumatera Barat masuk salah satu nominasi peraih penghargaan ini yang diberikan oleh Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

Penghargaan ini diberikan oleh pemerintah kepada kepala daerah yang dalam kepemimpinannya berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan sesuai dengan prinsip metologi pembangunan berkelanjutan sehingga mampu memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya, ujar Irwan Prayitno.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam memaparkan menyampaikan tentang inovasi pengelolan dan pengendalian sumber daya air, pengendalian alih fungsi lahan, inovasi pengurangan resiko kebencanaan, Mou pengelolalan secara terpadu, pelaksanaan gerakkan Sumatera Barat bersih.

Program Sumatera Barat bersih dengan pilot Project Zero Waste di Kelurahan Aur Tajungkang Tangah Sawah (ATTS) kota Bukittinggi ada Bank Sampah Mutiara Indah sistem tabungannya” sampah di tabung emas yg didapat” melalui kerjasama dengan pegadaian yang hasil dari pengelolaan sampah ini dianggap sudah zero waste (tdk ada sampah lagi yang dibuang ke TPA ).

Diskusi dan tanya jawab diberikan tim panelis Chalid muhamad, Prof. Dr. Hariyadi, DR. Adi Wibowo dan Hendri Subagio.

Hadir ikut mendamping Gubernur Sumbar para kepala OPD yang terkait dalam perumusan kebijakan lingkungan hidup, Kepala Dinas ESDM, Kepala Dinas Perikanan Dan kelautan, Kepala Dinas PU, Kepala Bapeda, Kepala Balitbang, Kadis Lingkungan Hidup yang diwakili Sekretarisnya.

Provinsi Sumbar menjadi nominasi yang berkompetisi dengan provinsi Jawa Barat Jawa Timur, Bali, Sumatera Selatan dan Kalimantan Timur.

Sementara Kota di Sumbar juga mendapat nominasi kota payakumbuh, Kota Padang Panjang dan Kota Padang dan untuk Kabupaten yang mendapat nominasi Kab. Pesisir Selatan dan Kab. Dhamasraya. rilis