Teraman, Nagari Pematang Panjang Sijunjung Dinilai Tim Polda Sumbar

348

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Nagari Pematang Panjang, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, pada Kamis (2/8/2018), dinilai Tim Lomba Nagari Aman dan Bebas Gangguan Polda Sumatera Barat.

Tim lomba Polda Sumbar itu dipimpin Wadir Dit Binmas Polda Sumbar AKBP Andri Sahril, SIK,MH. Dinilainya Nagari Pematang Panjang, setelah sebelumnya pada HUT Bhayangkara ke-72, Polres Sijunjung, menyatakan Nagari Pematang Panjang, teraman dan bebas dari gangguan Kamtibmas untuk wilayah hukum Polres Sijunjung.

Sebelum peninjauan ke lapangan, Tim Polda yang dipimpin Wadir Dit Binmas Polda Sumbar AKBP Andri Sahril, SH. MH beranggotakan, Kabagbin Ops  Dit Binmas Polda Sumbar AKBP Nova Linda, Kasubagrenmin Dit Binmas Kompol Sulasmi, Kaur Ren Dit Binmas AKP Purwanto SH, MH itu juga berkesempatan mendengarkan ekspose dari Walinagari Pematang Panjang, April Marsal.

Tim Lomba Nagari Aman dan Bebas Gangguan Kamtibmas Polda Sumbar itu juga didampingi Kapolsek Sijunjung AKP. Syamsurijal SH, Kasat Binmas Polres Sijunjung AKP Isburman, KBO Sat Binmas Polres Sijunjung Iptu Ulgarmaini, Camat Sijunjung Khalfian N, Walinagari Pematang Panjang, April Marsal, Bhabin Khamtibmas Nagari Pematang Panjang, Aipda Tantawi, unsur lembaga dan Perangkat Nagari, Kepala Jorong se Nagari Pematang Panjang, Ketua FKPM Lansek Manih Pematang Panjang Rio Suzandi dan Ketua Bundo Kanduang, Dasni Daniel juga hadir.

Dalam kesempatan tersebut Kabag Binops Dit Binmas langsung melakukan pengecekan dan penilaian terhadap kelengkapan salah satu pos ronda yang ada di Nagari Pematang Panjang yaitu Pos  Ronda Jorong Koto Tangah.

Usai meninjau Pos Ronda tersebut, Binops Dit Binmas dan rombongan kemudian melakukan pengecekan terhadap administrasi, dan dokumentasi penyelesaian masalah oleh FKPM Lansek Manih Nagari Pematang Panjang.

Bahkan dalam kesempatan tersebut Kaur Renmin Dit Binmas juga menyampaikan kepada Walinagari Pematang Panjang Bahwa dalam ketentuannya tidak dibenarkan adanya Ruang Tahanan/ Sel di Kantor Walinagari. “Untuk itu agar Walinagari kembali berkoordinasi dengan aparat penegak hukum dan memahami ketentuan-ketentuan, dan aturan dalam malakukan penahanan terhadap seseorang,” kata Kaur Renmin Dit Binmas seperti disampaikan Paur Humas Polres Sijunjung, Nasrul Ajo pada awak media di WhatsAppnya, Kamis (2/8/2018).

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan tatap muka dengan unsur lembaga dan perangkat nagari, tokoh masyarakat dan bundo kanduang, Nagari Pematang Panjang. Saptarius