Tingkatkan Kesejahteraan, Gubernur Irwan Prayitno Dorong Petani Lahirkan Inovasi

608

JURNAL SUMBAR | Solok – Untuk lebih mengembangkan dan mensejahterakan petani, satu langkah yang harus diambil adalah dengan melahirkan inovasi-inovasi. Hal tersebut dikatakan oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno pada saat penyerahan benih tanaman buah, pangan dan pencanangan nagari inovasi di Balitbu Aripan, Kabupaten Solok, Selasa (28/8/2018).

“Dengan inovasi banyak keuntungan yang akan didapat oleh petani, produksi pertanian lebih meningkat dan waktu panen lebih cepat,” sebutnya.

Gubernur mencontohkan, betapa pentingnya inovasi dalam segi pertanian atau perkebunan, karena sudah ada negara yang sukses dengan melahirkan inovasi.

“Thailand contohnya, mereka punya produk pertanian yang sudah terkenal, bahkan sampai ke Indonesia sendiri, siapa yang tidak kenal dengan durian Bangkok, jambu Bangkok, bahkan ayam Bangkok juga” ucapnya.

Dengan demikian, Gubernur mengajak seluruh petani yang ada di Sumbar untuk menggunakan bibit yang unggul dan tentunya sudah lahir dari sebuah inovasi juga.

“Saat sekarang banyak sekali oknum oknum yang menjual bibit yang kurang bagus, maka saya harap petani sebelum membeli bertanya dulu kepada pemerintah (dinas pertanian) merk bibit apa yang bagus dan unggul,” ajaknya.

Ditempat yang sama, Hardianto Kepala Pusat Hortikultura Kementerian Pertanian RI menyampaikan, untuk mendukung petani di Sumbar akan diserahkan sebanyak 500 ribu benih dan akan disebarkan ke Kab. Lima Puluh Kota, Padang Pariaman, Solok Selatan, Solok dan Kota Payakumbuh.

“Benih tersebut yakni pepaya, salak, jengkol kopi, jeruk, kentang dan durian, yang adalah jangka waktu 2-3 tahun akan sudah membuahkan hasil” sebutnya.

Pada kesempatan itu juga, ditetapkan nagari Matur Mudik sebagai nagari inovasi teknologi. rilis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here