UNP Tuan Rumah Konferensi Internasional Kolaborasi Keislaman dan Pendidikan Tinggi

78

JURNAL SUMBAR | Padang – Konferensi Internasional Kolaborasi tentang Keislaman dan Pendidikan Tinggi ke-5 akan digelar di Universitas Negeri Padang, pada 7 hingga 8 Februari 2019 mendatang.

Konferensi Internasional yang bertajuk “Interdisipliner Penelitian pada Agama, Sosial dan Studi Lingkungan” kerjasama UNP dengan University Collge of Yayasan Pahang dan dengan beberapa universitas dalam negeri, seperti Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Universitas Al-
Azhar, Universitas Muhammadiyah Semarang, Universitas Islam Kediri, STAI Muhammadiyah, UIN Sunan Giri, STAI Negeri Sorong, IAIN Batusangkar dan Fatoni University, Thailand.

Konferensi ini merupakan pertemuan ke-5 antar mahasiswa kependidikan, akademisi dan pemangku kepentingan negara-negara ASEAN, seperti Malaysia, Indonesia, Thailand dan Brunei Darussalam, dengan menghadirkan Tan Sri Dato’ Dzulkifli Abdul Razak (Rektor Universiti Sains Islam Malaysia), Prof Dato’ Sri Dr Zaleha Kamaruddin (Rektor International Islamic University) dan Prof Dato’ Dr Muhammad Muda, Wakil Rektor Academic of University Islam Malaysia.

Konferensi ini mempertemukan pihak universitas, berbagai badan pemerintah, lembaga penelitian dan pembangunan, sektor swasta, lembaga swadaya masyarakat dan donor untuk mendiskusikan kemitraan penelitian yang sedang berlangsung dan kolaborasi di masa depan.

Pada saat yang sama konferensi juga memfasilitasi pertukaran pengetahuan di antara para peserta.

“UNP melalui Dato’ Norhishamudin Yaakob mewakili delegasi University Collge of Yayasan Pahang (UCYP) telah membicarakan konferensi kolaborasi itu dengan kami awal pekan lalu,” ujar Rektor UNP, Prof Ganefri, Rabu (1/8).

Kemitraan UNP dalam konferensi ini nantinya, kata Prof Ganefri untuk meningkatkan kapasitas institusi UNP sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) di Indonesia untuk menemukan solusi bagi tantangan pembangunan dunia Islam yang paling mendesak di Indonesia. (Humas UNP/Agusmardi)