33 Lulusan Konselor UNP Siap Layani Masyarakat

65

JURNAL SUMBAR | Padang – Sebanyak 33 orang lulusan profesi konselor resmi dikukuhkan setelah ucapkan janji konselor, Sabtu (15/9) pada prosesi Wisuda Universitas Negeri Padang Ke-112 di Audtorium UNP.

Pengucapan janji konselor dipandu Rektor Universitas Negeri Padang, Prof Ganefri, PhD, yang turut disaksikan Dekan FIP UNP, Dr Alwen Bentri dan para dekan lainya serta para guru besar.

Dalam keterangan persnya, Rabu (19/9), Dekan FIP, Dr Alwen Bentri mengharapkan para lulusan Pendidikan Profesi Konselor (PPK) jangan hanya puas untuk memperoleh ijazah dan gelar, dan sertifikat profesi Konselor saja.

“Agar mampu memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat berinteraksi sesegeranya denga Pengurus Asosiasi Bimbingan dan Konseling (ABKIN) di Sumatera Barat,” ujar, Dekan FIP Dr Alwen Bentri.

Dikatakan Alwen, program PPK menyiapkan Sarjana BK meraih gelar profesi Konselor yang berkewenangan dalam pelayanan profesi konseling di berbagai setting, yaitu sekolah (termasuk perguruan tinggi), keluarga, instansi pemerintah dan swasta, dunia usaha dan industri, serta lembaga atau organisasi sosial kemasyarakatan, baik formal maupun non-formal.

“Lulusan program PPK merupakan jenjang pendidikan profesi bagi pendidik pelaksana pelayanan konseling di sekolah untuk memperoleh kualifikasi profesional sebagai syarat mendapatkan serfikat pendidik dalam bidang konseling,” terangnya.

Bahkan, Alwen menyebutkan, dengan izin yang diproses organisasi profesi, Konselor dapat membuka praktik pribadi (privat) untuk melayani warga masyarakat dari semua ruang lingkup kehidupan. (Humas UNP/Agusmardi)