35 Santri TPQ Amanah Khatam Al Quran

43

JURNAL SUMBAR | Padang – Sebanyak 35 santri TPQ Mushalla Amanah Kelurahan Alai Parak Kopi Kecamatan Padang Utara mengelar prosesi Khatam Al Quran Minggu (23/9). Khatam Al Quran yang telah di laksanakan untuk ke tiga kali ini telah menghasilkan 105 santri yang telah di Khatam.

Sebelum acara khatam Al Quran di mulai. Diawali dengan pawai ta’ruf yang di ikuti oleh para santri mushalla Amanah. Uniknya untuk melestarikan budaya tradisional sejumlah peserta pawai juga mengenakan pakaian adat Minang kabau.

Ketua panitia khatam Al Quran, Syahirman Mindun, S.Ag mengatakan, Khatam Al Quran merupakan agenda rutin yang di gelar satu kali dalam dua tahun. Saat ini khatam Al qur’an yang yang di gelar ke tiga kalinya dengan jumlah peserta sebanyak 35 orang yang terdiri dari 18 santriwati dan 17 orang santriwan.

Dia menuturkan, Tema yang di angkat dalam acara khatam Al Quran tahun ini yakni Melalui khatam Al Quran kita ciptakan generasi yang Qurani yang Aklak qurkarimah artinya menanamkan nilai-nilai Al Quran kepada anak anak sehingga dengan nilai nilai Al Quran menjadikan akhlak mereka sesuai dengan tuntunan Allah dan Rasul.
“Dengan kegiatan Khatam Al qur’an diharapkan agar para santri dapat memahami dan mengamalkan Al Quran sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.” Katanya.

Ketua BKS kota Padang Drs M Darnalis mengatakan, Khatam Al Quran menandakan bahwa anak-anak sudah belajar tingkat dasar dalam belajar Al Quran. Setelah khatam di harapkan setiap malam rutin membaca Al Quran minimal sepuluh menit, selain itu juga jangan di tinggalkan shalat lima waktu.

“Jangan berhenti dan mari terus membaca dan dalami Al Quran, kita sadari dan yakini, mendidik anak dengan Al qur’an akan menghasilakn generasi yang berakhlak mulia,” tandasnya.

Sementara itu Kabag Kesra kota Padang Zul alfi Lubis mengatakan, Pemko Padang juga memberikan aspresiasi kepada anak-anak yang hafal Al Quran, dari 3 juz hingga 5 juz untuk di mudahkan masuk SMP dan SMA yang ada di kota Padang. Selain itu bagi yang hafal 10 juz juga bebas memilih perguruan tinggi di kota Padang. Selain itu Universitas Putra Indonesia (UPI) juga menawarkan kepada generasi muda yang hafal Al Quran untuk di diberikan beasiswa dari S1, S2 hingga S3.

“Membaca dan menghafal Al Quran tidak akan rugi dunia dan akherat,” imbuhnya. rilis/ope