Bupati Sutan Riska Gelontorkan Bantuan Bibit Tanaman dan Ikan

68

JURNAL SUMBAR | Dharmasraya – Bupati Dharmasraya Sutan Riska menyerahkan berbagai bantuan kepada masyarakat Kecamatan Asam Jujuhan dalam acara pencanangan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) Kamis (13/9/18). Selain menyerahkan 20 ribu ekor benih ikan nila, bupati termuda di Indonesia itu juga menyerahkan beberapa jenis bibit tanaman, mulai dari tanaman buah buahan hingga bibit kelapa sawit.

Tidak hanya itu, raja muda dari Koto Besar itu juga menyerahkan bantuan bagi warga gizi kurang dan menggelar bazar murah komoditi pangan dan sayuran. Bahkan bupati peraih satya lencana pembangunan itu juga memberi bantuan kepada tempat ibadah yang ada di kecamatan yang terletak di tapal batas Kabupaten Dharmasraya, Solok Selatan dan Kabupaten Bungo Provinsi Jambi itu.

Berbagai bantuan buat masyarakat Kecamatan Asam Jujuhan itu dimaksudkan untuk mendorong masyarakat agar dapat memproduksi bahan pangan, khususnya ikan dan buah buahan dari lahan pekarangan. Dengan demikian, untuk kebutuhan pangan bergizi, masyarakat bisa memperoleh dari pekarangan rumahnya. Dengan begitu akan semakin sehat kehidupan masyarakat di Asam Jujuhan lantaran mengkonsumsi makanan bergizi yang alami, segar dan berkecukupan. “Prilaku hidup sehat ini mesti diawali dengan budaya mengkonsunsi makanan yang sehat,” kata Bupati Sutan Riska dalam amanatnya.

Selain itu, Dalam acara pencanangan Germas itu, Bupati Sutan Riska juga mengerahkan para dokter spesialis untuk memberikan penyuluhan kesehatan sekaligus memeriksa kesehatan masyarakat secara gratis. Bahkan para penyuluh pertanian juga dikerahkan untuk memberikan penyuluhan bagaimana memanfaatkan pekarangan untuk memproduksi bahan makanan yang sehat. Dan juga para penyuluh keluarga berencana ikut pula berpartisipasi dalam memberikan penerangan terkait program pemakaian alat kontrasepsi dalam rangka mengatur kelahiran.

Pelayanan massal dan pemberian bantuan dalam rangka mewujudkan masyarakat sehat itu, tak urung menjadi perhatian masyarakat kecamatan Asam Jujuhan. Ratusan bahkan ribuan warga dari pagi sudah memadati arena Germas. Mereka banyak yang terlibat langsung mulai dari senam kesehatan hingga mendapatkan layanan kesehatan dan keluarga berencana serta menerima bantuan dari bupati. “Terima kasih Pak Bupati atas pelaksanaan Germas di nagari kami. Mudah mudahan ini akan dikenang oleh masyarakat,” ujar Muslim, Walinagari Sungai Limau sebagai tuan rumah acara Germas. Budi Waluyo