Curi Motor Dinas Polisi, Resedevis Curanmor Ditembak

938

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Gila! Aksi pelaku Curanmor, kali ini terbilang nekad. Betapa tidak, pelaku tak segan-segan mencuri sepeda motor dinas milik polisi. Setidaknya hal itu terjadi diwilayah hukum Polres Sijunjung, Polda Sumatera Barar.

Akibat aksi nekad itu, jajajaran Polres Sijunjung pun berhasil menangkap resedivis pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) itu. Tersangka atas nama Budi Erianto warga Jorong Padang Ganting, Nagari Padang Ganting, Kecamatan Koto Padang Ganting, Kabupaten Tanah Datar, terpaksa ditembak saat polisi memburunya karena melarikan diri.

Petugas terpaksa melepaskan tembakan di kaki kanannya karena mencoba lari dari kejaran petugas. Uniknya lagi tersangka mencuri 1 unit sepeda motor dinas Bhabinkamtibmas bernopol 2413-35-III warna stone grey milik Polres Sijunjung.

Kapolres Sijunjung AKBP Haji Imran Amir, SHLIK, MH? mengaku sepeda motor tersebut merupakan kendaraan dinas anggota Bhabinkamtibmas Polsek Sijunjung.

Tersangka melakukan aksinya dibantu oleh temannya bernama Erwin yang saat ini masih buron. Untuk bisa membawa motor tersebut tersangka merusak kabel sepeda motor sedang terparkir di perkarangan rumah.

“Kita kembali melakukan tindakan tegas dan terukur kepada tersangka curanmor, tersangka ditangkap di Nagari Padang Sibusuk, Kecamatan Koto Kupitan, Kabupaten Sijunjung pada Selasa 25 September 2018 kemarin,” kata Kapolres, Sijunjung, AKBP Haji Imran Amir, SIK, MH pada awak media dalam siaran persnya Rabu (26/9/2018), di Mapolres Sijunjung.

“Kita juga sudah kantongi identitas temannya tersebut dan saat ini masih diburu dan tersangka menjadi daftat pencarian orang (DPO),” tambah kapolres.

Ternyata, tersangka sebelum melakukan aksinya terlebih dulu mengkonsumsi narkoba jenis shabu di daerah Tanah Datar dan juga seorang residivis dalam kasus yang sama di Provinsi Lampung.

“Tersangka juga residivis dalam kasus yang sama dan baru satu bulan ini keluar dari penjara di Provinsi Lampung,” terang Kapolres.

Atas perbuatannya tersebut, tersangka ditahan di Mapolres Sijunjung untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Kita masih memeriksa apa modusnya melakukan pencurian yang sasarannya kendaraan dinas Polri, yang dalam pengakuannya sebelum bertindak di wilayah hukum Sijunjung, ia mencoba di Polres Sawahlunto namun tidak berhasil,” tambah kapolres. saptarius/haikal