Dari Wisuda UNP Ke-112, 1.544 Lulusan Berhasil Raih Predikat dengan Pujian

177

JURNAL SUMBAR | Padang – Mereka yang diwisuda di Universitas Negeri Padang periode ke-112, yang berlangsung Sabtu hingga Senin (15-17/9) lalu sebanyak 3.103 orang. Tentu tidak semuanya yang mampu memiliki prestasi gemilang karena berhasil menyelesaikan predikat lulusan terbaik.

Meski berdasarkan peristiwa yudisium yakni penyerahan Piagam Penghargaan oleh Rektor UNP, Prof Ganefri, PhD kepada lulusan terbaik wisuda periode 112 tahun 2018 hanya 24 kali selama tiga hari itu. Namun berdasarkan data Kepala Biro BAK, Yushamdi, diantara 3.103 lulusan UNP, 1.544 orang diantaranya mendapat predikat lulus dengan pujian.

“Tantang kedepan lulusan Cumlaude masih banyak. Untuk itu saya rasa kalau sudah memiliki pengalaman-pengalaman yang berharga lainnya tentulah lebih memudahkan untuk kehidupannya,” ujar Rektor UNP, Prof Ganefri PhD didamping Kepala Biro BAK, Yushamdi disela-sela Wisuda hari ketiga, Senin (17/9).

Prof Ganefri menambahkan, ketika yudisium satu persatu calon wisudawan/wisudawati disuruh maju ke depan, dibacakan nilai Indeks Prestasi (IP) dan predikat kelululusannya dihadapan banyak orang, mendapat predikat Cumlaude.

“Ya, tentunya sangat, sangat dan sangat membanggakan bagi lulusan tersebut. Membanggakan dan membahagiakan, karena tentunnya hasil tersebut tidak datang dari langit, akan tetapi tentunya dilalui dengan penuh perjuangan dan keprihatinan selama proses studi,”ujarnya.

Untuk para Camlaude yang tampil pada proses Yudisium, dikatakan Ganefri, tentunya akan mendapat pujian dan tepuk tangan dari banyak orang. Peristiwa yudisium dan wisuda rasa-rasanya suatu moment yang sangat langka dan predikat Yudisium dengan pujian diberikan kepada mahasiswa yang dapat memenuhi persyaratan IPK, 3.51-4.00, Masa Studi yang cukup dan terhindar dari Sanksi Akademik.

Sementara itu kepala Biro BAK, Yushamdi merinci untuk lulusan program vokasi, Cumlaude dipersyaratkan menghasilkan karya atau produk yang diakui oleh industri atau institusi terkait yang bereputasi, atau telah melaksanakan Kerja Industri dengan prestasi luar biasa dari industri atau pernyataan diterima sebagai pegawai,
apalagi kecakapan Bahasa Asing, TOEFLnya ≥ 450.

Predikat lulus dengan pujian sabanyak 1.544 orang itu pada wisuda periode 112, tambah Yushamdi, berasal dari FIP sebanyak 189 orang, FBS sebanyak 115 orang, FMIPA sebanyak 74 orang, FIS ((71), FE (75), FT (54), FIK (87) dan FPP sebanyak 107 orang. (Humas UNP/Agusmardi)