Darizal Basir Dorong Kemajuan Kreatifitas Generasi Muda Pessel

37

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Mantan Bupati Pesisir Selatan yang kini mewakili menjabat anggota Dewan Perwakilan Rakyat RI dari Partai Demokrat, Darizal Basir mendorong generasi muda, khususnya di Kabupaten Pesisir Selatan lebih kreatif.

Hal itu disampaikan saat menyaksikan pameran seni lukisan 2 dimensi, komunitas rumah Pohon carocok Painan, serta peserta pameran seni foto dua Dimensi, Minggu (2/9/2018) di Carocok Painan.

Darizal Bazir menuturkan, kegiatan seperti ini cukup positif dalam rangka menggali potensi bakat – bakat generasi muda di Kabupaten Pesisir Selatan, yang mempunyai skill dalam bidang seni lukis.

“Kita apresiasi pameran seni 2 dimensi yang diadakan komunitas rumah pohon ini,” ungkap Mantan Bupati Pesisir Selatan itu.

Menurutnya, ini sangat bagus, sebagai generasi muda yang masih duduk di bangku sekolah/kuliah tetapi mereka sudah mempu menunjukkan kebolehannya dalam seni lukis yang bermutu.

Saya melihat lukisan mereka sangat dinamis , mereka mampu mengepresikan buah pikiran dan isi hati mereka , dan mereka ingin menunjukan bahwa mereka adalah generasi yang produktif dan mampu mengisi hari hari dengan karya- kaya lukis yg bermutu.

“Biasa sebagai seirang pelukis , melalui gorrsan kuas dikanfas mereka mencoba menyampaikan berbagai pesan pembangunan,” katanya.

Kedepan Darizal menyarankan agar mereka juga mampu menjelaskan keelokan masyarakat dan keindahan alam Pessel, seperti Mandeh , Carocok Painan, Langkisau yang telah menjadi icon destinasi wisata sumbar baik pada tingkat Nasional dan inter nasional.

Dan, banyak lagi hal- hal pembamgunan ekonomi yang telah merubah struktur ekonomi masyarakat yang semakin maju, seperti perkebunan sawit, nelayanan wisata bahari, perhotelan dan home stay dan restoran restoran baru.

Ini semua hendaknya bisa mereka tampilkan baik sebagi informasi kemajuan pessel maun untuk melawan kebiasan lupa, ujar DB.

Pada kesempatan itu, Darizal memberikan bantuan biaya pelaksanaan kegiatan mereka 3 juta, dan 10 juta untuk penggurus masjid Jabal Nur Painan. (Rega Desfinal)