Deputi Menteri BUMN dan Corporate Secretary PT. Pertamina Juga Dukung MDN-G Forum dan Festival Minangkabau

93

JURNAL SUMBAR | Jakarta – Menjelang dilaksanakannya event Minang Diaspora Network Global Forum dan Festival Minangkabau 2018 di Deakin University Melboure, pengurus MDN-G pusat pada setiap kesempatan terus bersilaturrahim dengan para tokoh-tokoh Minang yang sukses di berbagai bidang, baik di pemerintahan maupun di-swasta.

Tokoh-tokoh Minang yang berprestasi yang dikunjungi itu adalah Wamen ESDM, DR. Archandra Tahar dan tokoh-tokoh TNI Polri se-bagaimana yg telah dilaporkan se-belumnya.

Kali ini pengurus MDN-G pun mendatangi tokoh-tokoh CEO dan Pimpinan perusahaan-perusahaan Negara maupun Swasta serta Kementrian yang mengurusi masalah BUMN, yaitu Edwin Abdullah, Deputy Menteri BUMN, dan Syahrial Mukhtar, Corporate Secretary PT. Pertamina, pejabat nomor dua setelah Direktur Utama Pertamina.

Pada kesempatan tersebut, pengurus MDN-G yang diwakili oleh Burmalis Ilyas selaku Direktur Eksekutif MDN-G dan Masykur Chaniago Datuk Parpatih Nan Sabatang selaku Deputy Presiden MDN-G menyampaikan Undangan MDN-G Forum and Minangkabau Festival (Pertemuan Perantau Minang Sedunia dan Festival Minangkabau) yang akan dilaksanakan pada tgl 29 dan 30 September 2018 di Deakin University Melbourne, Australia.

Dikesempatan itu juga dijelaskan latar belakang, tujuan dan makna dari event tersebut. Direktur Ekskutif MDN-G Burmalis Ilyas dan Deputy President MDN-G juga me-nyampaikan beberapa rencana kegiatan lanjutan serta program kerja yang akan dihasilkan dalam pertemuan tersebut.

Kegiatan yg akan dilangsungkan ini merupakan sebuah bentuk kerjasama antara MDN-G dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Minang Saiyo, Melbourne (MSM) Australia yang dipimpin oleh DR. Muhammad Abduh.

Dalam acara MDN-G Forum tersebut akan diisi dengan beberapa seminar yaitu tentang adat budaya Minangkabau, pendidikan dan investasi serta potensi pariwisata Sumbar. Festival Minangkabau menghadirkan pentas Seni Budaya Minang melalui teater Siti Nurbaya, Fashion Show dan juga akan
menampilkan karya bernuansa Minangkabau ke-kinian.

Pengurus MDN sangat mengharapkan kehadiran tokoh-tokoh Minang berprestasi tersebut, termasuk Edwin Abdullah yang menjabat sebagai CEO dan Komisaris di berbagai perusahaan nasional baik swasta maupun pemerintah.

Secara prinsip Edwin Abdullah sangat mendukung exsistensi Jaringan/Networking perantau Minang dunia ini, serta berharap agar jaringan ini bisa bertahan dan terus maju kedepannya dengan merencanakan program-program kerja yg terukur serta membuat kegiatan-kegiatan lanjutan yang berkelas serta bisa pula saling bersinergi dalam memperkuat ikatan kekeluargaan antar perantau Minang yang tersebar di seluruh penjuru dunia yang pada ujungnya akan mampu berkontribusi positif dalam menunjang pembangunan di Sumatera Barat.

Sementara itu Edwin Abdullah juga bercerita banyak tentang perkembangan PT. Semen Padang, salah satu Perusahaan BUMN milik urang awak yang beliau tangani penyelesaiannya secara baik dan professional.

Dihari yang sama, pengurus MDN juga melakukan audiensi dengan Syahrial Mukhtar, Corporate Secretary PT. Pertamina yang bertanggung jawab dalam hubungan masyarakat dan media serta Corporate Sosial Responsibility (CSR).

Syahrial Mukhtar berharap agar jaringan perantau Minang dunia bisa mendukung program-program yang disosialisasikan oleh PT. Pertamina, dan berharap agar Pertamina dapat menjalankan tugasnya dengan baik dalam mewujudkan ketahanan, kemandirian dan kedaulatan energi.

Syahrial Mukhtar juga berharap Pertamina bisa semakin maju dan menjadi Perusahaan Energi Berkelas Dunia (World Class Energy Company). “Sebagai bentuk dukungan terhadap MDN-G, Insya Allah Pertamina akan mendukung acara MDN-G Forum dan Minangkabau Festival ini sebagai salah satu sponsor utama,” ujarnya.

Syahrial Mukhtar sangat mengapresiasi MDN-G, karena jaringan ini sangat positif dan berharap agar jaringan MDN tetap solid dan kompak, serta berharap agar perantau Minang mendukung program-program energy Pertamina, seperti penggunaan secara luas BBM Non Subsidi (BBK) seperti Pertamax, Pertalite dan Dexlite.

Syahrial Mukhtar juga sangat mengapresiasi MDN-G dan banyak memberi masukan untuk kepengurusan MDN-G agar bisa memperkuat silaturrahim dan sinergitas sesama perantau Minang.

“Pengurus MDN-G mewakili masyarakat dan perantau Minang mendoakan agar tokoh-tokoh CEO Minang yang ditemui tersebut semakin sukses karirnya, dan selalu dilindung oleh Allah SWT dalam menjalankan tugas-tugas Negara,” ujar Burmalis. “Kita semua bangga menjadi Putra dan Putri terbaik Minangkabau,” tutupnya. rilis MDN-G