Dilantik 17 September, Ketua Kadin Sumbar: Daya Saing Sumbar Harus Kita Tingkatkan

241

JURNAL SUMBAR | Padang – Setelah tertunda hampir satu tahun, kepengurusan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Daerah Sumbar dibawah pimpinan H. Ramal Saleh, akan dilantik secara resmi oleh Ketua Kadin Indonesia, Rosan P Roeslani, Senin 17 Sept 2018, di Hotel Kryad Bumiminang, Padang.

Pelantikan Pengurus Kadinda Sumbar periode 2017 – 2022 bersamaan dengan pengukuhan Dewan Pertimbangan, Dewan Penasihat dan Dewan Kehormatan Kadinda Sumbar.

Setelah pelantikan, dilanjutkan dengan rapat kerja dan Rapat Pimpinan Kadinda Sumbar.

Ketua Umum Kadinda Sumbar H. Ramal Saleh berharap dengan telah akan dilantiknya Pengurus Kadinda Sumbar sebentar lagi bisa digulirkan program ekonomi dan bisnis yang berpihak kepada dunia usaha dan daerah Sumbar.

Menurut Ramal, Kadinda Sumbar perlu melakukan langkah-langkah terencana utk meningkatkan daya saing perekonomian Sumbar.

“Kita perlu melakukan program-program aksi untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi Sumbar, sekaligus berupaya meningkatkan daya saing ekonomi kita,” ujar Ramal, yang juga Calon Anggota DPD RI Sumbar.

Berkaitan dengan itu, Ramal Saleh mengharapkan para pengurus Kadinda Sumbar mempersiapkan program ekonomi dan bisnis yang mampu mengangkat daya saing perekonomian Sumbar.

“Kita harus bisa keluar dari ketertinggalan daya saing. Caranya adalah dengan menelurkan program aksi ekonomi dan bisnis yang bermanfaat bagi dunia usaha dan daerah Sumbar,” kata Ramal Saleh.

Ketua DPW PKDP Sumbar yang terpilih menjadi Ketua Umum Kadinda Sumbar ini, berpendapat bahwa peranan dan posisi Kadin masih sangat penting dalam menunjang pertumbuhan ekonomi daerah.

Sebab, katanya, para pengusaha yang tergabung di dalam kadin adalah mereka yang memiliki konstribusi besar terhadap pergerakan perekonomian daerah.

Bahwa, saat ini daya saing ekonomi kita masih berada pada posisi di bawah, ujar Ramal, harus dijawab dengan agenda ekonomi dan bisnis yang konkret. Salah satunya dengan cara menyatukan kembali komitmen daerah menggerakan perekonomian masyarakat.

“Dengan cara seperti ini diharapkan proses rekapitalisasi aset ekonomi daerah bisa dikebut lebih kencang sehingga bisa meningkatkan daya saing ekonomi daerah,” ujar Ramal, yg selama ini menjalankan bisnis ekspor komoditi Sumbar.

Ramal Saleh percaya, dengan potensi SDM yg ada di Kadinda Sumbar akan mampu menjawab tantangan isu strategis berkaitan dgn daya saing perekonomian Sumbar. (awe)