Ditinjau SNV Belanda, Sijunjung Targetkan 2019 Bebas BAB Sembarangan

368

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Dalam rangka meninjau pelaksanaan Open Defecation Free (ODF)/Buang Air Besar Sembarangan (BABS), Stichting Nederlandse Vrijwilligers (SNV) Belanda berkunjung ke Kabupaten Sijunjung.

Kunjungan ini disambut langsung oleh Bupati, Yuswir Arifin dan Ketua TP PKK Kabupaten Sijunjung, Ny.En Yuswir, serta didampingi oleh Kepala BAPPPEDA Kabupaten Sijunjung, Febrizal Anshori, Kadis Kesehatan, Drg. Ezwandra dan Kabid Sosbud, Rosman Efendi di Rumah Dinas Bupati Sijunjung, Senin (3/9/2018).

Sementara tim dari SNV ini adalah, Margriet (SNVBelanda), Clair (SNVBelanda), Yuni (SNV Indonesia), Mei(SNV Indonesia), Rosneli dari Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI Sumbar) dan Suci Kurnia Sari (PKBISumbar).

Pada kesempatan itu, Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin mengucapkan selamat datang kepada tim dari SNV tersebut, Ia menyampaikan bahwa Kabupaten Sijunjung menargetkan pada tahun 2019 Kabupaten ini akan mendeklarasikan sebagai kabupaten ODF/BABS. ( Bebas dari Buang Air Besar Sembarangan).

Lebih lanjut bupati menyampaikan bahwa untuk tahun 2018 ini, Kabupaten Sijunjung menargetkan ada 26 Nagari yang akan ODF, sementara pada 2019 nanti, 33 Nagari yang akan ODF, ucapnya.

Dalam percepatan pencapaian target dimaksud, sambung bupati, “Pada peringatan hari jadi Kabupaten Sijunjung, 18 Februari 2018 yang lalu, sudah ditandatangani komitmen bersama antara camat dan wali nagari se Kabupaten Sijunjung,” sambung Bupati Yuswir Arifin. Andri Kampai