Harhubnas, Wagub NA: Keselamatan dan Pelayanan Pengguna Jasa Transportasi Harus Prima

43

JURNAL SUMBAR | Padang – Wakil Gubenur Sumatera Barat Nasrul Abit menjadi inspektur upacara peringatan Hari Perhubungan Nasional tahun 2018 di Kantor Gubernur, Senin (17/9/2018).

Wagub Nasrul Abit dalam kesempatan itu menyampaikan sambutan Menteri Perhubungan Republik Indonesia yang menyatakan tema Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2018 “Guyub Rukun Bangun Bangsa”, bagaimana mempresentasikan seluruh elemen sektor perhubungan baik ASN maupun swasta dan masyarakat bersama sama guyub rukun bersinergi membangun konektivitas guna mewujudkan tranportasi yang handal dan keselamatan bagi seluruh masyarakat.

Hadir dalam acara ini kemitraan perhubungan, para Asisten, Staf Ahli Gubenur, Kepala OPD, Kepala Biro, Pejabat eselon III dan IV dikungkungan pemerintah provinsi Sumatera Barat.

Lebih lanjut disampaikan keberhasilan pembangunan tidak akan tanpak tanpa disertai jiwa kebersamaan dan gotong royonhg yang merupakan akar dari kebudayaan sebagai perwukudan harmoni kebersamaan menjadi perekat sosial tanpa membedakan suku, agama.

Selanjutnya semangat juanh para pahlawan kemerdekaan bisa menjadi inspirasi bagi bangsa Indonesia untuk terua berjuang menjadi bangsa yang kuat dan mampu jadi bangsa yang terhormat, ujarnya.

Nasrul Abit juga menyampaikan agar seluruh aparat perhubungan konsisten memperhatikan dan memastikan aspek keselamatan dan pelayanan tetap prima bagi pengguna jasa transportasi. Jangan sampai dua hal tersebut menurun kualitasnya disebabkan faktor apapun.

“Hal lain yang perlu jadi refleksi yakni pentingnya konsistensi pada spektrum keselamatan dan pelayanan. Meskipun telah dilakukan efisiensi, namun tidak boleh mengurangi kualitas pelayanan transportasi,” tegasnya.

Dikatakan Wagub, dalam konteks yang sama, tahun ini telah dilakukan evaluasi pelayanan sektor perhubungan baik di unit pelayanan pemerintah maupun swasta.

“Semuanya dilakukan untuk merangsang kreativitas agar melakukan perbaikan pelayanan terhadap masyarakat pengguna jasa,” imbuhnya.

Menutup amanahnya, Wagub menyampaikan instruksi Menhub RI meminta agar penyerapan anggaran baik di tingkat Pusat maupun Daerah dipercepat.

“Saya minta dipercepat dan diikuti dengan pengawasan yang tepat. Segala penyerapan juga harus dikontrol. Evaluasi dan audit juga penting sehingga kita lebih adaptif terhadap dinamika di lapangan,” pungkasnya. rilis