Kapolsek IV Nagari Didaulat Jadi Narasumber Dialog Tematik Wawasan Nusantara

174

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Kapolsek IV Nagari, Polres Sijunjung, Polda Sumatera Barat, Iptu Taufik, SH, Selasa (25/9/2018), didaulat sebagai narasumber Dialog Tematik Wawasan Nusantara dan Penguatan Toleransi Dalam Masyarakat.

Dialog sehari itu berlangsung di ruangan pertemuan Kantor Walinagari Palangki, Jorong Pantai Cermin Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung.

Kegiatan Dialog Tematik Wawasan Kebangsaan dan Penguatan Toleransi Falam Masyarakat dalam bentuk forum keseraaian sosial itu dihadir Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sijunjung, Drs. Ahmatulah, Camat IV Nagari diwakili Sekcam Syamsir, S.Pd, unsur Forkopincam IV Nagari, Walinagari Palangki, Jasman Sy dan sejumlah Caleg serta Kelompok Tani Jorong Lintas Harapan Nagari Palangki juga hadir.

Dialog Tematik merupakan program Kementrian Sosial dalam mengurangi potensi konflik ditengah masyarakat dalam bentuk bantuan keserasian sosial.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perindungan Anak Kabupaten Sijunjung, Amatullah, menyebutkan, bahwa tujuan kegiatan itu untuk meminimalisir konflik antara masyarakat tentang hal hal yang dihadapi petani.

Hal yang sama juga dikupas secara gemblang oleh Kapolsek IV Nagari, Iptu Taufik selaku narasumber dalam Dialog Temati sehari itu.

Bahkan dalam dialog itu juga dibahas soal adanya bantuan Kementrian Sosial yang harus diajukan melalui profosal melalui Dinas Sosial Kabupaten Sijunjung untuk pembangunan irigasi.

Bak gayung bersambut ternyata kelompok dari Palangki itu mendapatkan realisasi dana bantuan Keserasian Sosial secara stimulan dari Kementrian Sosial secara transparan masuk ke forum sebanyak Rp150.000.000.

“Penggunaan dana itu sesuai petunjuk teknis yang berlaku. Kegiatan juga melakukan gotoroyong bersama untuk pembangunan irigasi di Sopan Longung untuk mengaliri sawah petani. Menurut rencana pembangunan irigasi itu selesai akhir bulan November 2018,” terang Taufik kepada awak media, Selasa (25/9/2018). saptarius