MDN-G dan Deakin University Jalin Kerja Sama Pengembangan SDM dan Bisnis

160

JURNAL SUMBAR | Melbourne – Universitas Deakin Melbourne Australia dan Minang Diaspora Network Global (MDN-G) menjajaki kerjasama melalui MoU (Memorandum of Understanding) yang ditanda tangani oleh kedua belah pihak, Kamis (27/9-2018)

MoU itu ditandatangani MDN-G yang diwakili oleh Direktur Eksekutif, Burmalis Ilyas, MA, M.Si dan Universitas Deakin diwakili oleh Associate Profesor, Katya Johansen yang menjabat Kepala Bagian Kerjasama Internasional Universitas Deakin.

Kerjasama ini terlaksama atss peran salah satu diaspora terbaik Minang, Prof. DR. Ismet Fanany yang saat ini menjadi Guru Besar di Deakin University. Prof. Ismet Fanany juga diminta masuk sebagai anggota Dewan Penasehat MDN-G yang akan dikukuhkan pada tanggal 29 September 2019 ini.

Adapun poin poin dari MoU adalah, menawarkan short courses di Deakin kepada anggota MDN dalam bidang yang diperlukan untuk pengembangan SDM atau usaha yang sesuai dengan visi dan misi bersama.

Selanjutnya, merancang dan melaksanakan bersama seminar, konferensi atau simposium mengenai isu-isu terkini yang relevan dengan visi dan misi bersama.

Dan, menjembatani dan memfasilitasi kerjasama internasional, khususnya dengan Australia, dalam bidang2 yang diprioritaskan oleh anggota MDN, baik pada tingkat individu maupun organisasi.

“MoU ini dapat dijadikan payung untuk menjajaki kemungkinan kerjasama dalam bidang yang dianggap bisa mendapatkan keuntungan dari kerjasama MDN dengan sebuah institusi akademik,” jelas Burmalis Ilyas.

Dikesempatan yang sama, Deakin University juga MoU dengan Pemprov Sumbar di bidang peningkatan kapasitas ASN level struktural dan lingkungan hidup. Penandatangan MoU itu dilakukan langsung oleh Gubernur Irwan Prayitno didampingi oleh Kepala Biro Kerja Sama dan Rantau, Budi Luhur Budianda. Enye