Pemilu 2019, Ditemukan 521 Pemilih Ganda di Bukuttinggi

82

JURNAL SUMBAR | Bukittinggi – Ternyata di kota kecil seperti Bukittinggi, Propinsi Sumatera Barat juga ditemukan 521 pemilih ganda dari DCS 72.769 orang .

Ketua KPU Kota Bukittinggi, Beni Aziz, SE dalam bincang-bincang dengan media ini Selasa (18/9/2018) di ruang kerjanya mengakui ditemukannya 521 orang pemilih ganda.

Semula hasil pendataan yang dilakujan petugas tercatat 72.769 orang daftar pemilih sementara. Setelah dilakukan penelitian, ditemukan 521 orang daftar pemilih ganda.

“Terhadap daftar pemilih ganda itu, telah kami verifikasi dan dibersihkan. Sekarang tinggal lagi 72.248 pemilih,” jelasnya.

DPT hasil perbaikan itu telah diplenokan 13 September lalu, katanya ketika ditanya.

Penyebab daftar pemilih ganda itu ada beberapa faktor, diantaranya yang bersangkutan setelah di data petugas, pindah tempat tinggal.

Ditempat baru dia lihat namanya tidak ada dalam daftar pemilih yang di temlel di kelurahan,lalu yang bersangkuta melaporkan dirinya ke petugas di kelurahan,maka tercatat pulalah yang bersangkutan ditempat tinggalnya yang baru. Itu salah satu penyebab gandanya daftar pemilih tersebut, jelas Beni aAziz .

Dikatakannya,menjelang hari H pelaksanaan pencoblosan akan ada penambahan daftar pemilih ,yaitu pemilih dari pemilih pemula yang baru genap usianya 17 tahun setelah DPT hasil perbaikan.bagi meteja yang baru genap berusia 17 tahun pada beberapa bulan ke depan agar segera membuat E.KTP sebelum pencoblosan nanti, harapnya .

Beni Aziz berharap warga kota Bukuttinggi untuk mendatangi 43 TPS yang ada di Bukittinggi untuk mempergunakan hak pilihnya. yusrizal