Pemkab Tanah Datar dan UNP Bersinergi Tingkatkan Pembangunan Daerah

121

JURNAL SUMBAR | Padang – Berdasarkan data Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Padang, terdapat 7 penelitian dan 21 pengabdian kepada masyarakat oleh para dosen di Kabupaten Tanah Datar. Kebanyakan dana yang dialokasikan untuk pengabdian masyarakat, yang hampir mendekati Rp0,5 miliar, sementara untuk penelitian berkisar Rp250 juta.

Meski dalam sejarah perkembangannya UNP hasil konversi IKIP Padang menjadi universitas, yang pada mulanya bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) mesti mendapat porsi lebih. Dibutuhkan usaha serius untuk mendorong para dosen UNP lebih giat lagi meneliti dan meningkatkan pengabdiannya di Kabupaten Tanah Datar.

Kondisi ini mendorong Ketua LP2M UNP, Prof Rusdinal menghadirkan Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi dan sekaligus Walikota Padang Panjang, yang diwakili Wawako Dr Mawardi Samah dalam pembukaan program penelitian dan pengabdian masyarakat yang dihadiri dan dibuka langsung oleh Rektor UNP, Prof. Ganefri, yang dihelat di kawasan Puncak Mortir, Kenagarian Pariangan, yang merupakan desa terindah ke-5 di Dunia.

Pada Senin (3/9), Ketua LP2M UNP, Prof. Rusdinal berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan jajaran pemerintahan Kab. Tanah Datar dan Pemko Padang Panjang membentang opening serimoni program Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UNP tahun 2018 di Nagari Tuo Ranah Minang, Nagari Pariangan.

Prof. Dr. Rusdinal, M.Pd dalam laporanya mengatakan UNP sebagai salah satu lembaga perguruan tinggi mewajibkan setiap dosen untuk melaksanakan pengajaran serta penilitian dan pengabdian masyarakat di beberapa Kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat.

“Salah satu Kabupaten yang menjadi tempat pelaksanaan penilitian dan pengabdian kepada masyarakat adalah kabupaten Tanah Datar dan Kota Padang Panjang. Hal ini berdasarkan undang-undang pendidikan bahwa tugas dosen di Perguruan Tinggi wajib menjalankan Tri Dharma,” ujarnya.

Dikatakannya, dalam penilitian pada tahun 2018 ini di Kabupaten Tanah Datar, LP2M UNP melakukan Pengabdian Masyarkat sebanyak 21 judul. Diantaranya, Pengembangan Nagari Pariangan sebagai Pusat Wisata Sejarah, Alam, Agro dan Budaya Minangkabau dalam rangka Mewujudkan P3N (Percepatan, Perluasan Pembangunan Ekonomi)

“Sedangkan untuk penelitian ada 7 judu, semoga dengan terlaksananya kegiatan penilitian dan pengabdian masyarakat ini dapat memberikan dampak yang lebih baik terhadap perkembangan daerah di Kabupaten Tanah Datar,” tutupnya.

Senada, Rektor UNP Prof. Ganefri, PhD mengharapkan penelitian dan pengabdian masyarakat ini dapat dijalankan dengan terukur sehingga dampaknya dapat dirasakan masyarakat.

“Kita berharap kegiatan ini nantinya dapat menjadi produk yang bermanfaat bagi masyarakat, dan menjadi karya bagi UNP,” ujarnya.

Menurut Ganefri, kegiatan dan penelitian kepada masyarakat ini diperlukan sinergitas pemerintah dengan UNP sehingga program yang diharapakan kedepan benar-benar berbasis dari kebutuhan bawah yang dimulai dari potensi nagari.

“Kita yakin melalui sinergi dengan Pemkab Tanah Datar akan menghasilkan multi dampak, terutama kepada ekonomi sosial masyarakat dimasa yang akan datang,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarrmizi dalam sambutannya menyambut baik kegiatan yang digelar UNP di daerahnya, dirinya meyakini melalui kegiatan ini akan berkontribusi terhadap kemajuan di daerah itu.

“Kita mengapresiasi UNP yang telah berperan terhadap kemajuan Kabupaten Tanah Datar selama ini. Kita yakin, jika pihak kampus turun melakukan penilitian dan pengabdian di setiap nagari akan ada ilmu-ilmu baru yang bermanfaat didapat masyarakat,” ujarnya.

Untuk itu, dirinya meminta agar perangkat Kecamatan mulai dari perangkat nagari mengikuti semua proses yang dilakukan UNP di Tanah Datar selama proses pengabdian.

“Sehingga, penilitian dan pengabdian ini nantinya juga bisa diterapkan disetiap nagari, yang nantinya akan bermanfaat bagi kemajuan ekonomi masyarakat,”pungkasnya.

Kegiatan dan penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Mei hingga Desember 2018 mendatang. Turut mendampingi Rektor UNP, WR1, Prof. Yunia Wardi, WR4, Prof. Syahrial Bakhtiar dan para Dekan serta para OPD Tanah Datar dan Padang Panjang, dan Walinagari Pariangan, April KH Saidi. Pada Kesempatan itu selain dilakukan penandatanganan kerjasama antara Bupati Tanah Datar juga penandatanganan MoE Dinas Pendidikan Tanah Datar dengan WR4, Prof. Syahrial Bakhtiar.
(Humas UNP/Agusmardi)