Peringatan Hari Lahir, Gubernur IP: Pramuka Hadir Berikan Kesejukan dan Solusi

74

JURNAL SUMBAR | Padang – Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengingatkan generasi muda agar terus aktif dalam gerakan pramuka. Karena, gerakan pramuka memberikan peluang bagi generasi muda dalam membentuk karakter. Maka, gerakan pramuka ini mesti digembor-gemborkan sejak dini.

“Maka, sejak SD hingga SMA. Bahkan, beranjak ke perguruan tinggi. Gerakan pramuka ini tetap menjadi tumpuan generasi muda dalam membangun karakternya. Jadi mari kita semua jadikan pramuka sebagai rumah kita,” ujarnya saat Apel Besar Peringatan Hari Pramuka ke-57 Kwartir Daerah 03 Pramuka Sumbar yang mengangkat tema “Pramuka Perekat NKRI” di Halaman Kantor Gubernur Sumbar, Selasa (18/9/2018).

Lebih lanjut disebutkanya, tidak hanya membentuk karakter generasi muda, namun gerakan pramuka ini juga akan meningkatkan kreativitas. Sehingga, generasi muda yang mengikuti gerakan pramuka ini pasti memiliki kreativitas yang tinggi.

“Kreatif dalam segalanya. Contohnya, pramuka ini jika dalam keadaaan darurat. Pasti tidak hilang akal. Pasti mereka akan melakukan berbagai cara membantu meskipun dengan alat seadanya. Mereka cekatan, cepat dan tanggap,” kata Irwan

Selain itu, gerakan pramuka dapat menjadi perekat pemersatu bangsa. Karena, dalam pramuka tidak ada perbedaan. Sebab, pramuka selalu bersama. Kebersaamaan itu yang menjadikan pramuka tetap kompak. Tidak ada perbedaan yang bisa membuat pramuka terpecah belah.

“Untuk itu, pramuka sebagai pemersatu bangsa. Wadah untuk menjalin kebersamaan. Pramuka hadir berikan kesejukan dan solusi,” ulasnya.

“Saya jadi teringat ketika dulu dizaman sekolah. Pramuka ini wajib, tidak hanya pilihan untuk ekstrakulikuler. Akan tetapi setiap kegiatan pramuka pastinya menjadi perhatian sekolah wajib diikuti. Maka, saat melihat generasi pramuka sekarang saya sangat bangga, gagah dengan pakaian pramuka. Untuk itu, saya ingatkan generasi pramuka hendaknya selalu bangga menjadi bagian dari pramuka,” ujarnya.

Sementara itu, Sekjen Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Abdul Subur menghimbau kepada para orang tua dan guru untuk selalu memberikan dukungan penuh kepada gerakan pramuka. Apalagi, gerakan pramuka mencetak generasi penerus bangsa.

“Pramuka ini dapat menciptakan generasi penerus bangsa. Menjadikan seorang pramuka memiliki kemampuan untuk dapat menjadi pemimpin,” katanya.

Sedangkan, Ketua Kwarda Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumbar, Nasrul Abit mengatakan, Peringatan Hari Pramuka ke-57 Kwartir Daerah 03 Pramuka Sumbar. Tahun ini, berbagai kegiatan telah dilakukan mulai dengan gerakan pramuka se-Sumbar.

Adapun kegiatan itu antara lain kegiatan prestasi penegak pramuka 15 hingga 17 September, lomba PBB tanpa tongkat, lomba Pionering, lomba penyelengaraan jenazah serta bakti pramuka membersihkan sungai batang arau  di Kota Padang pada tanggal 17 September dengan melibatkan pramuka sekitar 350 orang dan terakhir apel besar di halaman kantor gubernur hari ini, ungkapnya.

Kegiatan Apel Besar Peringatan Hari Gerakan Pramuka diakhiri dengan pemberian lencana melati untuk Gubernur Irwan Prayitno, Wagub Nasrul Abit,Waliota Solok, Bupati Agam serta beberapa tokoh pramuka lainnya. Serta juga Gubernur Irwan Prayitno menyematkan tanda bagi pengurus pramuka yang telah memberikan komtribusinya dalam memajukan aktivitas pramuka di Sumatera Barat. rilis