Rektor Prof Ganefri: Kansai University Bakal Kerjasama dengan UNP

109

JURNAL SUMBAR | Padang – Kuliah umum penanggulangan bencana alam kembali digelar di Universitas Negeri Padang. Kali ini UNP menghadirkan Prof Koji Ichi yang didampingi Yoshihiro Okumura, ketua asosiasi guru besar Fakultas Ilmu Keamanan Masyarakat, Kansai University.

Sebelum kuliah umum digelar di Aula FMIPA UNP, Rabu (12/9) yang dihadiri ratusan mahasisa jurusan Fisika plus Georgrafi, dua ilmuwan ahli kebencanaan Kansai University Jepang disambut Rektor UNP, Prof Ganefri di ruang kerjanya Lt4 Gedung Rectorate and Rsearch Center UNP.

Pada kesempatan itu, Rektor UNP mengatakan peran universitas dalam penanggulangan bencana alam diantaranya memberikan kuliah umum dan mendirikan Pusat Kajian Mitigasi Bencana.

“Saya ingin Lingkungan universitas harus memahami bagaimana upaya penanggulangan bencana dari pra bencana, saat bencana dan paska bencana, dengan kehadiran dua ilmuwan gempa Kansai Jepang ini paling tidak mahasiswa dua jurusan Fisika dan Geografi memahami ilmu kebencanaan,” ujar Rektor UNP, sembari memberikan kenang-kenangan kepada dua ilmuwan ini.

Ia mengharapkan peran civitas akademik Fisika dan Geografi bisa berperan dengan melakukan kajian-kajian menyangkut pra bencana seperti pengurangan risiko bencana, pencegahan dan kesiapsiagaan, penataan tata ruang, proses rehabilitasi dan rekonstruksi dan juga pelatihan,
Dikatakan, Ganefri melalui kuliah umum ini akan menambah pemahaman yang baik terhadap potensi ancaman bencana yang ada di kota Padang dan dapat melakukan tindakan dalam situasi tanggap darurat sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Pada kesempatan itu Ganefri,juga menyampaikan terimakasihnya atas kehadiran guru besar Kansai University memberikan kuliah umum di UNP. Ganefri berharap UNP bisa membangun kerjasama yang sinergis dengan Kansai University termasuk pertukaran mahasiswa nantinya. (Humas UNP/Agusmardi)