Revolusi Industri 4.0, Inovasi Riset Dibutuhkan untuk Kemajuan UNP

70

JURNAL SUMBAR | Padang – Universitas Negeri Padang menghadirkan Rektor ITB, Prof Dr Ir Kadarsyah Suryadi untuk berbagi pengalaman tata pengelolaan perguruan tinggi dengan pimpinan civitas akademika UNP di Ruang Sidang Senat Lt4 Gedung Rectorate Research and Research Center, Rabu (26/9).

Kehadiran Rektor ITB, Prof Kadarsyah dalam rangkaian kesuksesannya membawa ITB bertransformasi secara formal dari perguruan tingggi berbasis “Research University” menuju “Entrepreneurial University”.

“Dengan berbagi pengalaman ini diharapkan menggugah pimpinan civitas akademika UNP untuk berbenah diri menghadapi Revolusi Industri 4.0 di sektor Perguruan Tinggi,” ujar Rektor UNP, Prof Ganefri saat memberikan sambutan yang didampingi Ketua Senat UNP, Prof Z Mawardi Efendi.

Pada kesempatan itu, Prof Kadarsyah, yang meraih penghargaan Acedemic Leader Award 2018 ini mengungkapkan research university muncul pada awal tahun 1800. Semua kampus melakukan penelitian secara masif selain fungsi pengajaran. Kendati demikian, hasil risetnya hanya untuk kepentingan dunia pendidikan. Tak memikirkan relevansi dengan kebutuhan dunia dan industri.

Ia mengatakan sejak awal akhir tahun 90-an, ITB telah memulai melakukan enterpreneurial university yang ditandai dengan munculnya riset kimia, farmasi, elektronika dan mesin yang diterima di dunia industri.

“Untuk itu, pimpinan UNP mesti juga melakukan lompatan untuk memikirkan lulusan yang relevan dengan kebutuhan dunia dan industri. Secara formal, pada 2015 lalu saya membuat sistem untuk mengarah ke sana,” ujarnya

Dijelaskanya, UNP untuk menghadapi Revolusi 4.0 mesti mengacu pada enterpreneurial university , sehingga nantinya bisa menjalankan dengan baik fungsi mengajar dan belajar, riset akademik, dan riset yang bermanfaat bagi dunia industri dan masyarakat.

“Jika inovasi riset yang langsung diterapkan di dunia nyata dapat dilakukan UNP dan dalam pelaksanaannya ditetapkan secara formal agar terukur, terstruktur dan terkontrol, maka lompatan UNP akan lebih baik lagi” kata Kadarsah. (Humas UNP/Agusmardi)