Sumbar Siap Jadi Tuan Rumah MTQ Nasional XXVIII

663

JURNAL SUMBAR | Jakarta – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVII akan digelar bulan Oktober mendatang di Medan, Sumatera Utara. Sementara, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah MTQ XXVIII pada tahun 2020.

“Untuk meningkatkan reputasi kami, kami menerima beberapa tahun kemudian kepada Menteri Agama, menjadi tuan rumah MTQ Nasional tahun 2020. Sudah siap, fasilitas, masjid, Perguruan Tinggi dan lainnya,” kata Gubernur Sumbar Prof. Irwan Prayitno, saat ditemui Menag Lukman di ruang Pekerjaan, Jakarta, Jum’at (21/09).

Dijelaskan Irwan, mulai pemerintah Provinsi, Kanwil Kemenag, Bupati, Walikota sudah setuju agar Sumbar menajdi tuan rumah MTQ XXVIII. Selain itu, dana juga siap untuk gelaran tahun 2020.

“Insya Allah kami menyanggupi, Sumbar terakhir menjadi tuan rumah MTQ pada tahun 1983,” tambah Irwan.

Bahkan, lanjut Irwan, hotel, gedung-gedung kampus dan fasilitas lain di Kota Padang, Pariaman dan kabupaten lain bisa dipakai untuk mensukseskan jalannya MTQ XXVIII nantinya. Saat ini juga, stadion utama di Padang Pariaman sudah dibangun dengan dana sebesar Rp 200 Milliar.

“Jika 2020 menjadi tuan rumah, kita akan memaksimalkan usaha untuk kesuksesannya,” tambah Irwan.

Dijelaskan Irwan, tahun ini juga, Sumbar sebagai tuan rumah pada agenda Hari Pers Nasional (HPN), dan semua rangkaian acara berjalan sendiri dan sukses.

“MTQ Tahun 1983, pembukaannya di GOR Agus Salim, dan MTQ 2020 kita ingin di GOR lagi atau masjid Agung, Sumbar,” terang Irwan.

Menag Lukman Hakim Saifuddin menyambut baik datangnya Gubernur Sumbar menemuinya yang sebelumnya juga telah disambangi oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit. Diakui Menag Lukman, memang sudah ada empat puluh orang tuan rumah pada MTQ tahun 2020, selain Sumbar, ada Provinsi Kalteng, Kalsel, dan Riau.

Ditegaskan Menag Lukman, untuk menentukan tuan rumah MTQ Nasional tahun 2020 akan dilakukan dan diumumkan pada MTQ XXVII di Medan pada bulan Oktober mendatang. Bagi daerah yang sudah siap menjadi tuan rumah, untuk mengajukannya kepada Direktorat Jenderal Bimas Islam dan Biro Umum Kementerian Agama.

“Untuk tuan rumah MTQ 2020, sudah mengajukan, Provinsi Kalbar, Kalsel dan Sumsel. Mekanismenya sudah ada tim yang melakukan verifikasi terhadap provinsi untuk tuan rumah MTQ XXVIII, ”tegas Menag.

Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin menambahkan, bahwa setelah silaturahim Wagub Sumbar pada bulan Juli lalu, tim Ditjen Bimas Islam sudah memverifikasi kesiapan Sumbar sebagai tuan rumah. Namun, selain Sumbar, lanjut M Amin, Provinsi Kalsel dan Sumbar yang sudah siap, sementara Provinsi Kalteng dan Sumsel baru dalam tahap pengajuan.

“Provinsi Sumbar, kami sudah melihat lokasi, Perguruan Tinggi, siap semua, dan keseriusan tim panitia, Pronvinsi Sumbar siap menjadi tuan rumah,” kata Muhammadiyah Amin yang didampingi Karo Umum Syafrizal dan Direktur Penais Khoiruddin. rilis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here