Tamu Dikenai Uang Tips, Tim Saber Pungli Sijunjung Sidak Lapas Muaro

424

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Heboh! Misteri di Lapas Sukamiskin juga diduga merembet ke Sijunjung, Sumatera Barat. Disinyalir, Lapas Muaro Sijunjung, itu juga diduga menyimpan misteri tak kalah serunya dengan Lapas Sukamiskin Kota Bandung, Jawa Barat.

Tapi di Lapas Muaro Sijunjung, ini bukan soal fasilitas mewah yang disediakan Lapas. Tapi ada misteri dibalik cerita penghuni Lapas itu. Setiap pengunjung yang ingin bertamu ke Lapas itu, disinyalir harus meronggoh isi kocek untuk bisa bertemu dengan penghuni Lapas.

Bahkan isu harus pakai uang tips bertamu ke Lapas Muaro Sijunjung itu membuat Tim Saber Pungli Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, menunjukan taringnya.

Terbukti, pada Jum’at (31/8/ 2018) Tim Saber Pungli (sapu bersih pungutan liar) Kabupaten Sijunjung, melaksanakan inpseksi mendadak (Sidak) ke Lembaga Permasyarakatan Muaro Sijunjung itu.

Sidak ala Tim Saber Pungli Kabupaten Sijunjung ke Lapas Muaro Sijunjung tersebut dipimpin Wakapolres Sijunjung, Kompol Suyanto, SE, MM.

Terkait Sidak tersebut, Kapolres Sijunjung, AKBP Haji Imran Amir, SIK, MH, melalui Kasubag Humas Iptu Nasrul Ajo pun tak menapiknya. “Ya, benar telah dilakukan Sidak oleh Tim Saber Pungli Kabupaten Sikunjung secara mendadak untuk mengantisipasi kesejangan di Lembaga Permasyarakatan Muaro,”terang Iptu Nasrul pada awak media, Sabtu (1/9/2018) siang.

Disebutkannya, Sidak Tim Saber Pungli itu dilakukan karena ada informasi adanya dugaan kesenjangan yang terjadi di dalam Lapas Muaro. Untuk membuktikan laporan tersebut secara dadakan Tim Saber Pungli pun melakukan Sidak

Tanpa pikir panjang, maka pada Jumat (31/8/2018) Wakapolres Sijunjung selaku ketua tim langsung melaksanakan Sidak terhadap penghuni Lapas. Di Lapas itu Tim Saber Pungli memeriksa tiap ruangan, apakah adanya perlakukan khusus/istimewa, serta kamar khusus, atau antrian terhadap pengunjung.

Bahkan dalam Sidak tersebut tim juga melihat ruangan tidur para napi serta mewawancarai penghuni lapas, dan pengunjung terkait desas desus tentang adanya penghuni/pengunjung membayar apabila tamu dan keluarga para napi
berkunjung dan membezuk membayar kepada petugas piket saat jam tamu.

Dalam Sidak Tim Saber Pungli Kabupaten Sijunjung tersebut juga didampingi Kalapas kelas IIB Muaro Sijunjung, Marten Bc. IP.

“Dari hasil Sidak yang kami lakukan, tidak ada perlakukan istimewa di Lapas Muaro. Tidak ada perlakuan khusus. Yang ada hanya blok untuk narkotika 6 kamar, blok pidana umum 6 kamar, blok tahanan 6 kamar, blok tamping diperuntukan orang lanjut usia, sakit, napi yang sudah dapat kepercayaan itu 2 kamar. Bahkan dari pengakuan pengunjung ternyata tak ada yang bayar seperti yang diisukan”.

“Begitu juga yang dapat remisi juga tanpa dibayar, itu pengakuan penghuni dan tamu di Lapas saat kami Sidak,” ucap Wakapolres Sijunjung, Kompol Suyanto, pada awak media Sabtu (1/9/2018) dibalik handphone selularnya. Saptarius