Coaching Clinic Guru TK/PAUD, Ketua PKK Pessel Bakal Hadirkan Prof Syahrial Bakhtiar

632

JURNAL SUMBAR | Padang – Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Pesisir Selatan, Lisda Hendrajoni berencana mengundang Guru Besar Universitas Negeri Padang, Prof. Syahrial Bakhtiar untuk jadi narasumber refresing guru TK/PAUD pilihan dengan bentuk kegiatan coaching clinic dalam waktu dekat ini.

“Setelah diskusi ringan dengan Prof Syahrial, kita melihat betapa pentingnya pemahaman gerak dasar bagi guru TK/PAUD untuk kemajuan Sumberdaya Manusia di masa mendatang, apalagi para guru TK/PAUD merupakan pembimbing generasi penerus yang akan membawa harapan kita untuk menuai kemajuan Pessel kedepannya,” sebut Lisda usai bersilahrturahmi dengan Prof Syahrial Bakhtiar di ruang kerja Wakil Rektor 4 UNP, Selasa (2/10).

Pada kesempatan itu, Lisda mengucapkan rasa terima kasih kepada Prof Syahrial Bakhtiar yang telah berkenan menjadi nara sumber pada coaching clinic guru TK/PAUD pilihan dalam waktu dekat ini. Karena Ia berharap, anak-anak Pessel benar-benar menjadi generasi yang berguna bagi nusa dan bangsa dimasa mendatang.

“Senang sekali bisa berbincang-bincang dengan Prof Syahrial Bakhtiar yang begitu detail memahami pendidikan tunas-tunas muda harapan bangsa dimasa mendatang,” sebut Lisda yang akrab disapa Bunda itu.

Pada anak usia TK, Lisda mengutip kesimpulan dengan Prof Syahrial Bakhtiar mengatakan, perkembangan gerak yang terjadi adalah berupa peningkatan kualitas pola gerak yang telah dikuasai pada masa bayi, serta peningkatan variasi berbagai macam pola gerak dasar. Kemampuan berjalan dan memegang akan semakin baik dan dapat dilakukan dengan berbagai macam variasi gerakan.

Dijelaskannya, peningkatan kemampuan gerak terjadi seiring dengan meningkatnya kemampuan koordionasi mata, tangan dan kaki, dan akan lebih optiimal apabila anak memiliki kesempatan cukup besar untuk melakukan aktivitas fisik dalam bentuk-bentuk gerakan yang melibatkan keseluruhan bagian aaggota-anggota tubuh itu

“Kita berharap dengan kehadiran Prof Syahrial Bakhtiar nanti, para Guru TK/PAUD di Pessel memahami sebelum usia sekolah dasar, anak sudah dapat mengendalikan gerakan yang kasar. Gerakan tersebut melibatkan bagian badan yang dapat digunakan untuk berjalan, berlari dan melompat. Setelah pada usia sekolah dasar, terjadi perkembangan signifikan dalam pengendalian koordinasi yang lebih baik dan melibatkan kelompok otot yang lebih kecil yang digunakan untuk menggenggam, melempar, menangkap bola, menulis, dan menggunakan alat,” ujar Lisda. (Agusmardi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here