Dandim Tanah Datar Kukuhkan Panitia Wirabraja Pacu Kuda 2018

784

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Dandim 0307/TD Letkol. Inf. Edi S Harahap, S Pd, M I Pol mengukuhkan panitia Wirabraja pacuan kuda open race dan tradisional 2018 di Aula Makodim, Kamis (19/10/2018). Even itu sendiri akan digelar di Lapangan Dang Tuanku Bukit Gombak Batusangkar pada tanggal 21 – 22 Oktober 2018.

Dalam pengukuhan susunan panitia itu juga melibatkan tiga kenagarian yaitu Nagari Baringin Kecamatan V Kaum, Nagari Saruaso dan Nagari Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas serta melibatkan personil Kodim dan Polres serta Pemkab Tanah Datar.

Dandim 0307/TD menyampaikan bahwa event pacu kuda tahun 2018  ini masih dalam rangka memperingati HUT 73 TNI di wilayah Korem 032 Wirabraja.

Pacu kuda itu sendiri merupakan permainan anak Nagari di Ranah Minang dalam bentuk ajang lomba yang berwujud olaraga dan saat ini sudah menjadi agenda tetap Pordasi Sumatera Barat.

Berdasarkan historis pacu kuda di Sumatera Barat ternyata sudah berkembang  sejak pemerintahan Hindia Belanda dibawah organisasi Ren Varenaking pada tahun 1912, kemudian berkembang menjadi tradisi alek anak nagari atau pesta rakyat.

Untuk mendukung pelaksanaan alek anak nagari tersebut Edi S Harahap menyebutkan bahwa kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin Pemkab Tanah Datar dan dianggarkan dr APBD

Dana pembinaan yang bersumber dari APBD tersebut dimaksudkan untuk memotivasi para peternak kuda pacuan, pemilik kuda dan joki di Sumatera Barat. Pasalnya event pacu kuda yang menganut nilai-nilai budaya ini juga berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat setempat.

Sementara itu Ketua KAN Baringin N. Malin Marajo sangat mengapresiasi upaya Dandim Tanah Datar dalam menggelar alek nagari tersebut.

Untuk itu sebutnya Nagari Baringin harus mendukung event alek nagari agar berjalan dengan lancar dan sukses.Rilis Kapenrem 032/Wbr. rilis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here