Letkol Inf Irvan Yusri Irup HUT TNI Ke-73 di Kodim 0310/SSD

102

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Peringatan hari ulang tahun (HUT) TNI ke-73 di wilayah teritorial Kodim 0310/SSD (Sawahlunto Sijunjung Dharmasraya) yang dilaksanakan dilapangan M. Yamin Muaro Sijunjung, Sumatera Barat pada Jumat (5/10/2018) berlangsung khidmad dan sukses.

Dandim 0310/SSD Letkol Inf Irvan Yusri, SIP, bertindak selaku inspektur upacara dengan komandan upacara dijabat Kapten Inf Jufri (Danramil 06 Palangki) dan pengucapan Sapta Marga dibacakan Serda Abdul Aris.

Upacara HUT TNI ke-73 di Kodim 0310/SSD itu diikuti para bupati/walikota se-Kodim 0310/SSD (Sawahlunto Sijunjung Dharmasraya) termasuk para kapolres di tiga wilayah Kodim 0310/SSD juga hadir. Terlihat Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, Wabup Arrival Boy, Wabup Dharmasraya, utusan Sawahlunto, Sekdakab Sijunjung, Zefnihan dan pimpinan OPD pun hadir, sayang tak terlihat anggota DPRD yang hadir di HUT TNI ke-73 itu.

Dandim Letkol Inf Irvan Yusri,SIP, sebelum membacakan amat Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, terlebih dahulu memeriksa pasukan sesudah menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dalam upacara yang berlangsung khidamad itu juga dibacaka sumpah prajurit Sapta Marga dibacakan Serda Abdul Aris.

Amanat Panglima TNI dalam upacara HUT TNI ke-73 dipusatkan di Sabang dibagian Barat dan Meurake di bagian Timur itu juga menyampaikan pesan terkait terjadinya musibah Gempa dan Tsunami di Palu, Donggala dan Sigi Sulawesi Tengah yang menelan korban jiwa dan harta.

“TNI bersama komponen masyarakat lain telah berpartisipasi dalam penanganan bencana di Sulawesi Tengah walaupun masih ada korban yang belum ditemukan terutama di lokasi Perumnas Sigi yang amblas bersama rumah rumah masyarakat,” jelas Panglima dalam amanatnya seperti dibacakan Dandim.

Tak hanya itu, soal Alutsista TNI telah memodernisasi beberapa Alutsista guna mendukung tupok menjaga kedaulatan Negara mempertahankan wilayah NKRI dan Peace Keeping sebagai pasukan perdamaian dunia dan membantu tugas Pemda dalam penanggulangan Bencana Alam dan mengantisipasi aksi aksi terorisme juga disampaikan panglima dalam HUT TNI.

“TNI berperan aktif dalam pengamanan tak langsung Pilpres dan Pileg serentak pada Pemilu 2019,” kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Usai upacara kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sembako dalam Bhakti Sosial HUT TNI ke-73 di Kodim 0310/SSD kepada para mantan pejuang. saptarius