Pagi Ini Menteri Pertanian Kuliah Umum di UNP

95

JURNAL SUMBAR | Padang – Universitas Negeri Padang (UNP), membentangkan kuliah umum bersama Menteri Pertanian RI, Dr. Andi Amran Sulaiman, MP. Pejabat tinggi negara itu berbagi ilmu dan pengalaman untuk pengembangan minat dan kewirausahaan para mahasiswa di Audtoirum UNP, Rabu (3/10) pagi.

Kuliah umum yang merupakan upaya Rektor UNP, Prof Ganefri meminimalkan anggapan masyarakat bahwa kuliah itu sebagai formalitas untuk mencari pekerjaan.

“Mahasiswa UNP sekarang tidak hanya sekedar kuliah, mengerjakan tugas dan lulus, sehingga selama mereka kuliah, ilmu yang didapat tidak bermanfaat. Melalui kuliah umum menambah pengetahuan mereka,” ujar Rektor UNP, Prof Ganefri.

Kuliah umum bersama Menteri Pertanian, Dr. Andi Rahman Sulaiman sekaitan dengan kunjungan kerjanya ke Sumatera Barat dalam rangka ekspor perdana manggis ke China di Kabupaten Limapuluh Kota, Selasa (2/10) .

Menurut rencana, Andi Rahman Sulaiman akan mendorong dan memotivasi mahasiswa untuk bisa meraih sukses melalui kewirausahaan. Bahkan Menteri Pertanian akan mengupas langkah-langkah mahasiswa untuk menjadi konglemerat dengan bergerak di sektor kewirausahaan.

Prof Ganefri mengatakan, Kuliah Umum bersama Menteri Pertanian RI, Andi Rahman Sulaiman merupakan kali pertama dilaksanakan agar tujuan kuliah adalah bukan hanya untuk mencari pekerjaan ataupun mencari gelar yang bergengsi. Tetapi, disini mahasiswa UNP dituntut untuk lebih aktif dalam mengamalkan ilmunya ke dunia masyarakat. Karena di dalam dunia masyarakat, mahasiswa merupakan motor yang berperan aktif dalam menghidupkan kegiatan di lingkungan masyarakat.

Disamping kuliah umum, juga direncanakan Rektor UNP, Prof Ganefri juga akan menyaksikan penandatanganan kerjasama CV Lindo Agri Utama (LAU) dengan Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita)

“Untuk UNP, rangkaian acara ini memang yang pertama kali, mengingat Menteri Pertanian RI tidak ada relevansinya ke UNP. Namun untuk memberikan wawasan ke kalangan mahasiswa penting juga dilaksanakan Kita,” demikian Ganefri.

Diharapkan, selain oleh civitas akademika UNP (Mahasiswa dan Dosen) iven ini dihadiri oleh seluruh aktivis yang peduli pengembangan generasi muda kewirausahaan. (Humas UNP/agusmardi)