Sukses, Danrem Mirza Agus Irup HUT TNI ke-73 di Padang

154

JURNAL SUMBAR | Padang – Peringatan hari ulang tahun (HUT) TNI ke-73 diwilayah teritorial Korem 032/Wirabraja yang dilaksanakan di lapangan Imam Bonjol Padang, Sumatera Barat pada Jumat (5/10/2018) berlangsung khidmad dan sukses.

Danrem 032/Wbr Brigjen TNI H. Mirza Agus SIP bertindak selaku inspektur upacara (Irup) di Padang, Sumatera Barat, dengan komandan upacara Mayor Laut Nanang dari Lantamal II Padang.

Upacara yang dihadiri Kapolda Sumbar Irjen Polisi Fakhrizal, MHum, Danlantamal II Padang Laksma Agus Sulaiman, Danlanud Sutan Syahrir Kol Pnb Purwanto Adi Nugroho, Sekdaprov Sumbar Drs Alwis, Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim, Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah, Forkopimda Kota Padang dan para tamu undangan lainnya benar-benar sukses dan lancar.

Parade upacara dimulai tepat pukul 08. 00 WIB itu, sebelum membacakan amanat tertulis Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Danrem memeriksa pasukan. Dalam sambutan tersebut Panglima TNI menyampaikan bahwa HUT TNI kali ini mengangkat Tema tentang “Profesionalisme TNI untuk rakyat, TNI harus terus mentransformasi diri menjadi kekuatan militer yang profesional, handal dan kapabel dalam menghadapi berbagai bentuk ancaman dan gangguan, disebutkan juga bahwa TNI berkomitmen akan terus menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pemilu 2019”.

Usai upacara dilanjutkan dengan pertunjukan berbagai demontrasi diantaranya, atraksi Bela Diri Militer dari Yonif 133, Lantamal dan Lanud Padang, atraksi pemecahan batu dan besi oleh Prajurit dan dilanjutkan dengan Drama dan tari kolosal dengan menampilkan lebih kurang 250 personel yang terdiri dari prajurit TNI, ibu persit, masyarakat serta anak sekolah.

Dandim 0312/Pdg Letkol Czi Rielman Yudha selaku Koordinator Drama dan Tari Kolosal ini mengatakan bahwa kegiatan ini mengangkat tema “ Profesional dan Manunggal dengan rakyat” dalam drama ini mengangkat peristiwa Gempa yang pernah melanda Kota Padang khususnya.

Dalam pertunjukan seni ini sangat atraktif, menguras emosi dan mendapat aplaus cukup meriah dari pengunjung. Drama kolosal ini juga menceritakan tentang kehadiran TNI di tengah masyarakat bersama sama mengajak untuk bangkit dari kondisi keterpurukan dan bahu membahu untuk kembali membangun Kota Padang.

Selesai rangkaian upacara dilanjutkan dengan Defile Pasukan dengan star dari jalan Sudirman depan Polresta Padang sampai dengan gedung Dinas Pendidikan Kota Padang. Kapolda Sumbar didampingi Danrem, Sekda, Danlantamal, Danlanud Sutan Sahrir dan pejabat lainnya menerima penghormatan di Tribun kehormatan. Tampil sebagai Komandan Defile Mayor Inf Sinulingga Wadanyonif 133/YS. Defile ini diawali Kompi lambang lambang Kesatuan, Kompi II gabungan Pama, Kompi III dari Yonif 133, Kompi IV dari Gabungan Brimob dan Sabhara Polda, Kompi V gabubgan PNS dan Akper Kesdam I/BB Padang, Kompi VI gabungan SMK Penerbangan dan SMK Kartika. SelesaI pelaksanaan Defile rombongan menuju ke Pantai Muaro Lasak untuk menyaksikan pameran Alutsista.

Dalam sambutannya Danlantamal II Padang Laksma Agus Sulaeman menyampaikan bahwa pameran ini dilaksanakan selama 3 hari mulai hari ini sampai dengan minggu. Pameran ini dimaksukan selain sebagai menginformasikan tentang peralatan TNI kepada masyarakat juga dimaksudakan untuk menjalin komunikasi yang baik antara TNI dengan masyarakat. Dalam pameran ini selain alutsista TNI, juga dipamerkan peralatan Polri, BMKG dan Basarnas Kota Padang. Seluruh rangkaian acara berlangsung dengan tertib dan lancar.

“Alhamdallah peringatan HUT TNI ke-73 di wilayah teritorial Korem 032/Wirabraja berlangsung sukses dan lancar,” ucap Danrem 032/Wbr Brigjen TNI H. Mirza Agus SIP pada awak media Jumat (5/10/2018). saptarius