200 Guru Agama Islam SD se-Kabupaten Sijunjung Ikuti Bimtek PPK

47

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sebanyak 200 guru Agama Islam Sekolah Dasar (SD) se-Kabupaten Sijunjung ikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)yang dilaksanakan di Hotel Bukit Gadang dan Wisma Keluarga Muaro Sijunjung, mulai dari Sabtu hingga Minggu, 10 s/d 11 November 2018.

Acara yang di gelar oleh Aparatur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung bekerjasama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang itu dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Sijunjung, Ramler, SH.MM

Dalam sambutannya, Kadis Ramler mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada Narasumber.
“Saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung mengucapkan selamat datang kepada Narasumber dari UIN Iman Bonjol Padang di Ranah Lansek Manih ini, mudah mudahan senang berada disini, dan terima kasih atas kehadiran dan perhatian bapak dan ibu terhadap pendidikan di Kabupaten Sijunjung ini,”ucapnya.

“Miris memang, bila di cermati kondisi generasi bangsa saat ini, coba di bayangkan dan pikirkan, bagaimana kondisi generasi kedepan, bila pada usia sekolah dasar sudah melakukan tindakan tidak terpuji, tindakan yang seharusnya dilakukan oleh orang dewasa yang sudah berstatus sebagai suami istri, bagaimana kalau melakukan tindakan yang merusak (ngelem, judi, narkoba mencuri dan sebagainya) tidak bisa dibayangkan akibatnya , bila kondisi ini di biarkan dan tidak melakukan tindakan untuk perbaikannya”.

“Untuk itu, sebagai seorang guru, kita tidak bisa lepas tangan, apalagi sebagai guru agama disekolah.Banyak dasar berfikir dan bertindak yang menjelaskan guru ikut bertanggung jawab, yaitu Undang undang tentang guru, pada aturan tersebut dijelaskan bahwa guru tersebut adalah pejabat fungsional yang memiliki tugas pokok merencanakan pembelajaran melakukan penilaian dan evaluasi,”kata Ramler.

“Karena tugas pokok nya tersebut, berarti guru befungsi sabagai pendidik, pelatih dan pemotivasi. Lebih tegas disampaikan bahwa bagaimana seorang guru di dalam mendidik, melatih dan memotivasi akan akan memberi pengaruh sangat besar bagi kehidupan mereka kedepan,”ucap Ramler.

“Saya minta saudara semua dapat mengikuti kegiatan Bimtek ini dengan baik, dengan harapan semoga saudara semua memiliki kompetensi yang hebat dalam mengimplementasikan PPK di sekolah, sehingga seluruh satuan pendidikan dimana saudara bertugas dapat menghasilkan generasi bangsa impian kita semua”, harapnya.

Kepala Seksi Kurikulum dan Ketenagaan SD, Diknasbud, Drs.Syukur, MM selaku ketua pelaksana dalam laporannya menyampaikan tujuan dari kegiatan tersebut yaitu, untuk mengembangkan kebiasaan dan perilaku peserta didik yang terpuji dan sejalan dengan nilai nilai universal dan tradisi karakter bangsa yang relijius dan mengembangkan potensi kalbu/nurani/efektif peaerta didik sebagai manusia dan warga negara yang memiliki nilai nilai karakter dan moral.

Peserta dari Bimtek ini terang Syukur, diikuti sebanyak 200 orang guru agama Sekolah Dasar se Kabupaten Sijunjung yang dibagi menjadi 5 kelas. Dimana setiap kelas nya berisi 40 orang. Bagi Guru Agama se Kecamatan Sijunjung diadakan di Wisma Keluarga, sementara guru agama pada kecamatan lainnya di laksanakan di Hotel Bukit Gadang,”terangnya.

Sedangkan Narasumber kata Syukur adalah dari Dosen UIN Imam Bonjol Padang, diantaranya DR.Muhammad Qosim, MA, DR, Ahmad Rivauzi, MA, Drs. Ilman Nasution, M.Ag dan Muhammad Idris, MA serta Jufria Ara, M.Si.andri kampai