Amblas, Lubang Jembatan di Balah Rambahan Punggasan Picu Banyak Kecelakaan

58

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Sebuah jembatan kecil panjang 4 meteran di Balah Rambahan, Nagari Punggasan, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kapaten Pesisir Selatan amblas dan sudah lama tidak diperbaiki. Jembatan penghubung Nagari Punggasan dengan Air Haji melalui Nagari Punggasan Timur yang rusak sejak 2015 dan semakin parah 2018 itu telah memicu banyak kecelakaan.

“Telah banyak masyarakat kecelakaan masuk ke lubang jembatan yang amblas ini,” sebut Ahman Siri, tokoh masyarakat Punggasan di jembatan tersebut, Jumat sore (9/11-2018). “Untung saja tidak ada korban jiwa,” tambahnya. “Tapi, kondisi yang semakin parah ini akan memicu kecelakaan lebih banyak lagi, dan bisa korban jiwa,” tambahnya lagi.

Ahman Siri yang akrab disapa Uncu Aman yang didampingi Aziz Bandaro Jambak, Afriyenor, Kambarudin dan Jasril itu menambahkan, sampai saat ini belum ada upaya perbaikan dari Pemkab Pessel. “Upaya mencegah kecelakaan juga belum ada,” ujarnya sembari berharap Pemkab Pessel segera memperbaiki jembatan tersebut.

“Kami mohon Pemkab Pessel segera memperbaiki jembatan ini,” harap Uncu Aman sembari mengatakan, jangan tunggu ada korban jiwa dulu baru diperbaiki. “Kalau terjadi korban jiwa, Pemkab Pessel harus bertanggungjawab, karena jalan ini kewenangan kabupaten,” tegasnya.

Pantauan media ini, jembatan kecil di Balah Rambahan Punggasan itu amblas di sebelah kanan arah Punggaran Timur atau sebelah kiri arah Pasar Punggasan. Terlihat lubang menganga hampir separoh badan jembatan. Dan, lubang sedalam 2,5 meteran itu siap menelan pengguna jalan, karena tidak ada pengaman dan rambu-rambu peringatan.

Jembatan yang amblas karena tergerus banjir itu terlihat akan semakin parah dengan banjir-berikutnya, apalagi saat ini lagi musim hujan dan sering terjadi banjir. Lubang besar di jembatan itu juga rawan terjadi kecelakaan, karena jalan poros tersebut ramai dilewati kendaraan dari Pasar Punggasan menuju Air Haji melalui Punggasan Utara. (NY)