Difasilitasi Dekranasda Sumbar, Batik Tanah Liek Pessel Semarakan Fashion Show di Jakarta

70

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Batik tanah liek asal Kabupaten Pesisir Selatan mampu menjadi salah satu pusat perhatian pasang mata pada Fashion Show di Jakarta, Senin (5/11/2018). Hadir Ketua Dekranasda Sumbar Nevi Irwan Prayitno, dan Ketua IPEMI Sumbar Lisda Hendrajoni.

Gelaran karya kerajinan Sumatera Barat itu, batik tanah liek asal Pesisir Selatan mendapat kepercayaan ikut menampilkan khasana budaya adat istiadat asli Kabupaten Pesisir Selatan.

Ketua Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia ( IPEMI) Sumatera Barat Lisda Hendrajoni memberikan apresiasi cukup besar kepada Ketua Dekranasda Provinsi Sumbar Nevi Irwan Prayitno yang sudah memberikan kesempatan bagi Pemkab Pesisir Selatan mempromosikan batik tanah produknya.

“Kita bawa kerajinan Batik Tanah Liek dari Pesisir Selatan dalam acara Fashion Show di Jakarta,” sebut Lisda.

Pada kesempatan itu sebanyak 23 buah baju bermotif  batik tanah liek asal Pesisir Selatan ditampilkan. Serta menampilkan fashion show dengan membawa model dari komunitas Indojalito dan Ikatan Pengusaha Muslimah (IPEMI) Sumbar. Selain dihadiri Ketua Dekranasda Sumbar, juga dihadiri Zaini Rais (dosen kriya ITB), Novia Hertini (Fashion Designer).

“Batik tanah liek ini dibuat dengan pewarnaan alami,” ungkap ketua IPEMI Sumbar.

Menurut Lisda, ini adalah kesempatan berharga bisa membawa khasana batik tanah liek Pessel tampil dalam acara ini. Karena, disaksikan dan dihadiri designer dari berbagai daerah di Indonesia. Untuk itu istri bupati Pessel itu mengajak kepada seluruh masyarakat di Pessel ikut mempromosikan budaya asli di Kabupaten Pessel, agar lebih dikenal lagi. (Rega Desfinal)