Langkisau FM; 2019 Jangkuan Siarannya Sepanjang Pesisir Selatan

71

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Pesisir Selatan kembali akan melakukan terobosan baru dengan menambah menara pemancar saluran radio untuk mengudarakan sampai di sepanjang daerah ini.

Kepala Dinas Kominfo Pessel, Junaidi mengatakan, bahwa sejak awal tahun 2018 pengembangan penyiaran Radio milik Pemkab ini, sudah mulai mengudara hampir ke pelosok. Namun, belum merata secara masih untuk setiap wilayah.

“Langkahnya sudah kita siapkan. Dan  tahun 2019 kita upayakan sambungan radio ini akan full dan siap mengudara sapanjang Pesisir Selatan,” sebut Junaidi.

Menurut Junaidi, untuk memperluas jangkauan radio tersebut, pihaknya akan menambah satu unit menara pemacar lagi setelah di Painan, yakni di wilayah Kecamatan Linggosari Baganti. Karena memang wilayah di bagian selatan daerah ini masih belum terhubung melalui saluran pemancar.

“Untuk penyedian menara ini sudah dianggarkan dalam anggaran 2019 sebesar Rp180 juta. Dan target ini akan clear karena sambungan yang tertinggal itu Kecamatan Linggosari Baganti. Jika ini sudah terpasang maka sampai Silaut akan terdengar nanti,”jelasnya.

Kata Junaidi, selain dengan sambungan pemancar. Saat ini radio Pemkab Pessel difrekuwensi 91.20 FM juga sudah bisa update melalui smartphone. Salah satunya dengan dengan membuka situs web http://berita.pesisirselatankab.go.id.
“Dan untuk smartphone bisa dibuka di mana saja. Jika masih ada jaringan internet. Karena pengembangan radio ini selalu kita kembangkan sesuai kebutuhan dan perkembangan teknologi yang ada,”tuturnya.

Diketahui Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Dinas Kominfo saat ini sudah memiliki penyiaran radio Langkisau FM. Pengembangan radio dikembangkan dalam Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) dengan tahap percobaan sejak awal tahun 2019.(Rega Desfinal)