Penggalang Kwarcab 0303 Sijunjung Gelar Kegiatan Kepalangmerahan

0 1

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Aparatur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Kwarcab 0303 Sijunjung mengadakan kegiatan giat Penggalang dan Kepalangmerahan di Bumi Perkemahan Calau, Subarang Sukam Nagari Muaro, Kamis hingga Sabtu 15 -17 November 2018.

Kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan peserta terdiri dari 37 Gudep SMP, 2 Gudep MTS dengan jumlah peserta 860 orang,  sedangkan peserta Kepalang Merahan dengan jumlah 100 orang.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk upacara, yang menjadi pembina adalah Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung, Ramler, SH.MM sekaligus mengalungkan tanda peserta tanda dibukanya acara perkemahan tersebut.

Kadis Ramler dalam sambutannya berharap kedepannya disetiap Kwartir atau Gugus Depan membuat program untuk menciptakan agen-agen perubahan sebagai panutan dan sebagai motor penggerak perubahan di Kwartir Ranting.

”Namun yang terpenting bagaimana hasil yang didapatkan dapat diimplementasikan secara nyata dalam kehidupan seorang pramuka di tinggat satuan pendidikan dan masyarakat”, ucapnya.

“Teruslah menjadi pramuka yang peduli dalam berbagai situasi dan kondisi, semoga pramuka bisa dan mampu mengambil peran dalam gerakan pramuka madani dan mandiri”, tegasnya.

Ketua pelaksana, Syamsul Bahri dalam laporannya mengatakan dengan adanya kegiatan ini sejalan dengan implementasi kurikulum 2013 untuk mengantisipasi perkembangan masa depan.

Ia menjelaskan, pergeseran paradigma belajar abad 21 dan kerangka kompetensi menjadi pijakan didalam pengembangan kurikulum 2013, dan menjadikan pramuka sebagai ekstrakulikuler wajib bagi peserta didik di Sekolah Dasar dan Menengah.

“Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pengalaman adanya saling ketergantungan unsur alam dan kebutuhan melestarikannya dan mengembangkan sikap tanggung jawab dirinya serta membina kerjasama, persatuan dan persaudaraan, sehingga diberikan tema menumbuhkan sportifitas berlomba dalam jalinan persaudaraan”, terangnya. andri kampai

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.